Cara Agar Anak Rajin Belajar

Cara Agar Anak Rajin Belajar

153
0
SHARE

1

Menghadapi anak-anak memerlukan kesabaran yang luar biasa, sebagai orang tua pasti menginginkan anak-anaknya menjadi anak yang pintar dan juga rajin belajar. Terkadang ada saja hal yang membuat anak menjadi malas belajar, untuk itu sebaiknya para orang tua memerhatikannya dan melakukan hal-hal berikut ini:

1. Tanyakan Tentang Sekolah

Aktifitas yang dilakukan oleh anak di sekolah terkadang bisa menjadi pengaruh rajin tidaknya anak untuk belajar. Tidak jarang perlakuan yang didapat di sekolah membuatnya tidak nyaman, hal ini tentu saja membuat anak malas belajar bahkan enggan pergi ke sekolah. Dekati anak dengan bijak, pancing anak agar mau menceritakan semua kejadian yang membuatnya tidak nyaman agar orang tua dapat memikirkan solusi yang tepat.

2. Lakukan Hypnosleep

Hypnosleep tidak harus dilakukan oleh profesional. Hypnosleep dapat dilakukan olleh ibu saat anak sedang tertidur pulas. Bisikanlah di telinga sang anak, semakin hari belajar semakin menyenangkan, menghafal dan menghitung itu menyenangkan. Jika hal itu dilakukan secara berulang-ulang, maka anak akan menanamkan kata-kata itu di alam bawah sadarnya dan akan dilakukan di alam nyata.

3. Beri Pujian dan Hukuman

Jangan sungkan untuk memberikan pujian jika anak mendapatkan nilai begus, bila perlu berikanlah hadiah secara berkala untuk prestasi yang berhasil diraihnya. Begitu pula sebaliknya, berikanlah hukuman ringan jika anak mengalami penurunan dalam belajarnya.

4. Buat Suasana Belajar Yang Menyenangkan

Setiap orang tua pasti mengenali anaknya dengan baik. Orang tua pasti mengetahui hal apa yang disukai anaknya, pastikan saat anak belajar di rumah dalam suasana yang menyenangkan.

5. Dampingi Anak Saat Belajar

Anak masih perlu didampingi saat belajar, bersikaplah bijak dalam melakukan hal ini. Jangan bersikap tidak peduli, matikan televisi dan juga smartphone, fokuskan perhatian pada anak.

6. Disiplin Pada Jam Belajar

Hal ini perlu dilakukan agar anak terbiasa dan dapat menyesuaikan diri dengan sendirinya. Beri peengertian pada anak bahwa jam yang telah disepakati untuk belajar itu harus dilakukan, setelah itu anak boleh melanjutkan aktifitas lain seperti bermain atau menonton televisi.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY