Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Anak-Anak Memiliki Ponsel Sendiri?

Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Anak-Anak Memiliki Ponsel Sendiri?

130
0
SHARE

1

Masih dari dunia teknologi, kali ini kita akan membahas tentang usia yang tepat bagi anak-anak untuk berikan kepercayaan memiliki ponsel genggam sendiri oleh orang tuanya. Sperti yang kita ketahui, saat ini banyak sekali ponsel keluaran terbaru memiliki kemampuan yang canggih, tapi justru dijual dengan harga yang sangat murah.

Imbasnya banyak orang dengan mudah memiliki banyak ponsel untuk dimiliki. Efek lainnya adalah mereka juga dengan gampangnya memberikan ponsel kepad anak-anak yang belum mengerti cara menggunakannya dengan baik. Lalu, kapan waktu yang tepat memberikan anak-anak ponsel sendiri?

Di jaman yang serba canggih seperti sekarang ini, sebuah ponsel atau smartphone sudah menjadi seperti “pengasuh” yang sangat baik bagi anak-anak yang seharusnya lebih banyak belajar dan berkomunikasi dengan orang-orang disekitar mereka. Namun sekarang ini tampaknya waktu bermain bersama teman-teman, dan menghabiaskan banyak waktu bersama orang tua sudah diambil alih oleh perangkat bernama handphone. Jika dulu anak-anak sangat senang sekali bermain boneka, sepak bola atau laying-layang, kini semua itu telah berganti dengan game online dan efek-efek negatif internet mulai merasuki anak-anak.

Melihat kenyataan tersebut para orang tua dituntut untuk lebih memprhatikan anak-anak mereka agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, dimulai dari membatasi mereka untuk menggunakan ponsel secara bebas. Menurut seorang psikolog anak dari Cleveland Clinic Health System, Dr. Joseph Austerman, anak-anak baru diperbolehkan memegang ponsel sendiri apabila mereka sudah mengerti akan dampak buruk yang dapat ditimbulkan dari penggunaan ponsel pada anak seusia mereka.

Dr. Joseph juga mengatakan kalau anak yang sudah berumur 10 tahun pun masih belum diperbolehkan untuk memegang atau memiliki ponsel sendiri, sebab dikhawatirkan mereka masih belum mengerti tentang bahaya dari kejahatan pembully-an yang dilakukan oleh banyak pengguna di internet. Mengingat banyak kasus dari tindakan “Cyberbullying” yang sudah memakan korban cukup banyak.

Namun jika orang tua sudah merasa benar0benar yakin bahwa anak mereka telah memahami aturan dan etika ketika menggunakan ponsel dengan baik, maka orang tua boleh memberikan kepercayaan kepada anak-anak mereka untuk memiliki ponsel sendiri dengan catatan bahawa antara orang tuan dan anak harus memiliki sebuah kesepakatan, dan ada hukuman yang akan diterima oleh sang anak apbila ia melanggar perjanjian tersebut. Semoga dengan tulisan ini banyak orang tua yang lebih memperhatikan penggunaan ponsel pada anak-anak mereka.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY