Tips Memperlambat Penyebaran Kanker Dalam Tubuh

Tips Memperlambat Penyebaran Kanker Dalam Tubuh

133
0
SHARE

1

Kanker adalah salah satu penyakit mematikan yang sangat ditakuti oleh banyak orang. Namun ternyata meskipun begitu berbahaya kanker masih bisa kita cegah bahkan diperlambat penyebarannya melalui beberapa cara tertentu. Dalam berbai kasus penyakit berbahaya, selain dibantu oleh dokter dan obat-obatan, kesembuhan juga merupakan tanggung jawab pasien itu sendiri. Para ilmuwan juga terus berupaya memperlajari pola umum penyebaran kanker dengan mengenal lebih jauh penyakit tersebut melalui berbagai populasi.

Beberapa penyebab penyakit kanker memang bisa dihindari, tapi ada juga yang tidak. Contohnya seprti merokok, semua orang tahu bahwa merokok dapat menyebabkan kanker. Itu artinya, jika kita berhenti merokok, maka kita akan terhindari penyakit menakutkan tersebut.

Selain rokok ternyata faktor genetic juga mempengaruhi terjadinya kanker pada seseorang yang diwariskan oleh orang tua kepada anaknya. Bedanya, kita bisa mencegah kanker dengan tidak merokok, tapi kita tidak bisa mencegah kanker jika itu disebabkan oleh faktor gen.

Tapi jangan khawatir karena kanker masih bisa dicegah dan diperlambat proses penyebarannya dengan beberapa cara. Seorang professor psikiatri klinis bernama David-Schreiber dalam bukunya yang berjudul Hidup Bebas Kanker menyebutkan beberapa hal yang bisa dilakukan untuk memperlambat penyebaran kanker, beberapa diantaranya yaitu:
Hindari gula dan tepung terigu

Untuk menggantinya kita bisa menggunakan madu akasia dan gula kelapa, sedangkan untuk roti atau tepung kita bisa menggantinya dengan tepung multigrain sebagai pasta dan roti.

1. Hindari konsumsi daging merah dan olahan

Penyebaran kanker bisa dicegah dengan mengkonsumsi daging merah dan olahan dengan takaran kurang dari 500 gram dalam seminggu. Jika diibaratkan dengan steik, maka seharusnya penderita kanker mengkonsumsi sekitar empat atau lima potong daging steik dalam seminggu.

2. Berhenti merokok

Kandungan tembakau yang terdapat dalam rokok ternyata sangat erat kaitannya dengan kanker. Bahkan sebuah penelitian di Amerika Serikat menyebutkan bahwa 60 persen angka kematian di sana didominasi oleh para perokok aktif. Maka dari itu berhentilah merokok sebelum terlambat.

3. Hindari lemak trans dan lemak hewani

Untuk yang satu ini kita bisa mengatasinya dengan minyak zaitun dan minyak canola yang sangat baik untuk kesehatan karena tidak menyebabkan inflamasi. Selain itu mentega dan keju yang kaya akan Omega 3 juga sangat dianjurkan untuk dokunsumsi, menggantikan bahan makanan yang mengadung lemak trans dan lemak hewani.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY