Manfaat Ubi Jalar Untuk Penderita Diabetes

Manfaat Ubi Jalar Untuk Penderita Diabetes

161
0
SHARE

1

Diabetes atau penyakit gula darah yang bisa disebut juga dengan kecing manis meruapakan salah satu penyakit berbahaya yang dapat berujung pada kematian. Meski maut adalah rahasia tuhan, banyak ahli kesehatan yang menyebutkan bahwa diabetes adalah penyakit turunan, itu artinya jika keluarga kita memiliki riwayat diabetes, maka kita sebagai penerus harus lebih berhati-hati dalam menjaga pola makan kita sehari-hari. Namun bagi yang sudah terkena, mungkin ubi yang satu ini bisa membantu dengan berbagai khasiat yang dimilikinya.

Sebuah informasi kesehatan menyebutkan bahwa ubi jalar sangat baik dikonsumsi oleh para penderita diabetes. Ubi jalar terbukti memiliki berbagai manfaat yang bisa membantu kita untuk mengendalikan gula serta melindungi organ tubuh. Berikut ini adalah beberapa manfaat ubi jalar yang harus diketahui oleh para penderita diabetes:

1. Dapat mengatur gula dalam darah

Kandungan gula alami yang terdapat pada ubi jalar dapat membantu meningkatkan sensitivitas hormone insulin dalam tubuh. Selain itu ubi jalar juga mampu mengendalikan kadar gula dalam tubuh. Untuk itu perbanyaklah mengkonsumsi ubi jalar.

2. Dapat melindungi mata dari kerusakan akibat diabetes

Kelebihan gula darah tak jarang menyebabkan kerusakan pada bagian organ tubuh, salah satunya adalah mata. Dengan kandungan karatenoid pada ubi jalar yang kemudian diubah menjadi vitamin A ketika sudah masuk ke dalam tubuh, dapat melindungi mata kita dari serangan yang ditimbulkan oleh kelebihan gula dalam darah.

3. Melancarkan aliran oksigen dalam tubuh

Kandungan lain yang juga ditemukan dalam ubi jalar adalah magnesium dan kalium. Kedua zat tersebut mampu meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh, sehingga akan mebuat pasokan oksigen dalam tubuh menjadi lancar dan tersebar ke seluruh sel yang ada di dalam tubuh kita. Selain bisa mencegah kerusakan pada organ tubuh akibat diabetes, zat tersebut juga bisa mengurangi stres.

4. Meningkatkan kekebalan tubuh

Ada banyak vitamin yang terdapat pada ubi jalar, salah satunya adalah vitamin C. vitamin C dalam ubi jalar membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan melindungi kulit serta saraf dari kerusakan yang diakibatkan oleh penyakit mematikan, diabetes.

5. Baik untuk otak dan jantung

Tidak hanya Vitamin A dan C, ubi jalar juga kaya akan kandungan vitamin B6 di dalamnya. vitamin tersebut dikatakan bisa mencegah stroke, serangan jantung dan otak serta memberikan perlindungan berlebih pada organ tubuh lain sehingga terhindar dari kerusakan akibat digerogoti oleh bakteri jahat yang dibawa oleh diabetes.

Itulah beberapa manfaat ubi jalar yang sangat bermanfaat bagi para penderita diabetes. Semoga dengan membaca tulisan ini kita semakin peduli terhadap makanan yang kita konsumsi sehingga terhindar dari bahaya yang diakibatkan oleh diabetes.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY