Apakah Benar Ikan Laut Bisa Menyebabkan Kebutaan? Berikut Penjelasannya

Apakah Benar Ikan Laut Bisa Menyebabkan Kebutaan? Berikut Penjelasannya

113
0
SHARE

1

Makan makanan yang alami sangat dianjurkan oleh banyak ahli kesehatan, tapi kenapa makan ikan laut justru dilarang? Kabarnya terlalu sering mengkonsumsi ikan laut dapat menyebabkan kebutaan.

Itu dikarenakan ada zat-zat tertentu dalam ikan yang memicu ketikseimbangan pada bola mata yang kemudian menyebabkan gangguan pada sitem penglihatan manusia. Zat berbahaya seperti mercuri juga disebut-sebut sebagai salah satu zat yang menyebabkan glukoma akibat terlalu banyak makan ikan. Apakah ini benar?

Sebuah informasi kesehatan menjelaskan bahwa glukoma adalah kerusakan penglihatan yang dikrenakan oleh meningkatnya tekanan bola mata kerena ketidakseimbangan antara produksi dan pembuangan cairan yang terjadi pada bola mata.

Masalah tersebut kemudian mengakibatkan rusaknya jaringan-jaringan syaraf halus yang berada pada retina dan di bagian belakang bola mata. Masalah lain yang juga ditimbulkannya adalah seperti penurunan pada kualitas penglihatan.

Sebuah hasil penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di University of California Amerika Serikat menyebutkan bahwa paparan zat yang mengandung mercuri yang dibawa oleh makanan ke dalam tubuh dapat menyebabkan terjadinya gangguan organ tubuh, salh satunya seperti kebutaan. Hasil penelitian tersebut juga sudah dibuat dalam jurnal JAMA Ophthalmology. Lalu apa hubungannya dengan makan ikan laut terlalu banyak?

Shan Lin, sebagai peneliti utama di University of California Amerika Serikat itu menghimbau kepada masyarakat luas agar lebih berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan, khususnya yang menggunakan ikan laut. Itu karena berdasarkan apa yang telah ditemukannya, ikan laut dinilai rentan untuk tercemar oleh berbagai limbah industri yang dibuang ke laut.

Salah satu zat berbahaya dari limbah industri yang dikhawatirkan terbawa oleh ikan adalah mercuri. Jika sampai termakan oleh manusia, zat tersebut akan segera mengendap dalam tubuh yang lama-kelamaan akan menyebabkan kebutaan.

Untuk membuktikan bahwa temuan itu benar, Shan Lin dan beberapa peneliti lainnya melakukan penelitian terhadap sekitar 2.680 orang yang berusia di atas 19 tahun. Penelitian tersebut dilakukan pada Januari 2008 dan berakhir pada Desember 2009.

Dari hasil penelitian tersebut diketahui bahwa orang-oang yang dinyatakan menderita glukoma memiliki kandungan mercuri cukup tinggi dalam tubuh mereka. itulah kenapa kita disarankan untuk tidak terlalu sering mengkonsumsi ikan laut, apalagi sampai berlebihan.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY