Begini Cara Google Atasi Celah Kemanan Stagefright

Begini Cara Google Atasi Celah Kemanan Stagefright

173
0
SHARE

1

Perkembangan terbaru soal celah kemanan bernama Stagefright kali ini dating dari Google. Sejak ditemukan dan dilaporkannya celah keamanan oleh Zimperium kepada Google beberapa waktu lalu, Google dan beberapa vendor lainnya termasuk Zimperium selaku pengamat kemamanan mobile, terus berupaya untuk mengatasi masalah tersebut.

Informasi terbaru menyebutkan kalau Google selaku pengembang system operasi Android telah memperbaiki dan menyediakan patch untuk menambal celah tersebut pada jutaan perangkat Android yang berpotensi terserang Stagefright.

Bagi yang baru mengikuti informasi ini, Stage fright meruapakan sebuah celah keamanan berbahaya yang terdapat pada system operasi Android. Dengan memanfaatkan celah tersebut, maka para hacker jahat di luar sana dapat mencuri berbagai data penting milik pengguna tanpa disadari oleh para korbannya.

Penyebarannya sendiri melalui sebuah pesan multimedia (MMS) yang sudah disisipi dengan program jahat (malware). Malware itulah yang nantinya akan mengaktifkan Stagefright sehingga bisa digunakan untuk mencuri data pengguna termasuk mengirim sebuah MMS ke perangkat lain untuk diinfeksi.

Samsung sebagai salah satu produsen ternama yang sudah banyak mengeluarkan perangkat berbasis Android juga telah mengambil langkah serius agar pengguna mereka tetap aman. Samsung telah menyatakan bahwa dalam waktu dekat mereka akan segera menyediakan update kemanan setiap bulan untuk membuat sistem operasi Android pada perangkat bseutan mereka tetap aman dari Stagefright dan gangguan keamnan lainnya. Hal serupa juga dilakukan oleh Zimperium, mereka baru-baru ini telah menyediakan sebuah software pendeteksi Stagefright bernama Stagefright Detector App untuk perangkat Android.

Google Sendiri dikabarkan telah siap untuk memberikan update keamanan pada sejumlah perangkat Android, baik yang sudah terserang Stagefright maupun yang belum. Update tersebut nantinya akan diberikan Google secara OTA (Over The Air).

Namun sayangnya pdate tersebut baru hanya akan tersdia untuk perangkat kebanggaan Google, yaitu Nexus. Sedangkan untuk perangkat Android lainnya masih harus bersabar karena masih ada beberapa penyesuaikan dan pengujian yang harus dilakukan.

Untuk sementara waktu pengguna hanya bisa menghindarinya dengan tidak menerima pesan MMS sembarangan. Mengingat penyebaran Stagefright sendiri melalui pesan MMS. Berharap saja aka nada banyak lagi orang yang berusaha untuk memperbaiki dan menangkal celah tersebut agara tidak mengancam lebih banyak pengguna Android di luar sana.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY