Pertimbangkan Hal-Hal Berikut Sebelum Membeli SSD

Pertimbangkan Hal-Hal Berikut Sebelum Membeli SSD

201
0
SHARE

1

Solid State Drive (SSD) adalah sebuah alat penyimpan data yang memiliki fungsi yang serupa dengan Hard Disk Drive (HDD). Namun belakang ini SSD mulai menarik perhatian banyak pengguna lantaran disebut mampu memberikan kinerja yang lebih baik disbanding HDD pada umumnya.

Sayangnya SSD sendiri memiliki rentang harga yang cukup mahal jika dibandingkan dengan HDD, bahkan ada yang mengatakan bahwa harga sebuah HDD 1 TB masih lebih murah jika dibandingkan dengan SSD 500 GB. Untuk itu ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memutuskan untuk membeli sebuah SSD.

SSD memang memiliki kinerja dan performa yang lebih unggul daripada HDD. Namun sayangnya harga untuk sebuah SSD berbanding lurus dengan besarnya ruang penyimpanan yang ditawarkan. Artinya, semakin besar kapasitas SSD yang kita inginkan, maka akan semakin mahal harganya untuk bisa kita miliki. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum memutuskan untuk membeli sebuah SSD dan memasangnya di laptop atau PC kesayanganmu.

1. Sesuaikan dengan kebutuhan, jangan memaksakan diri

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, SSD memang memiliki kemampuan yang lebih baik dari HDD, namun harganya yang cukup mahal membuat kita harus berfikir panjang sebelum memutuskan untuk membelinya. Sebagai perbandingan, harga sebuah HDD berkapasitas 1 TB yang mencapai 1 jutaan, masih terbilang murah jika dibandingkan dengan SSD berkapasitas 500 GB. Namun jika ingin tetap menggunakan SSD, sebaiknya gunakan yang berukuran minimal 250 GB saja.

2. SSD yang kita inginkan apakah sudah sesuai dengan spesifikasi komputer yang kita miliki?

Membeli sebuah SSD tidak hanya memperhatikan soal harga dan kapasitasnya. Kita juga harus tahu spesifikasi SSD yang akan kita dan apakah spesifikasi tersebut sesuai atau tidak dengan perangkat yang kita gunakan. Untuk bisa digunakan pada slot HDD yang terdapat pada laptop, SSD yang dibeli harus berukuran 2,5 inci. Sedangkan jika ingin dipasangkan pada slot HDD di komputer, SSD harus dilengkapi dengan SSD mount sehingga ukurannya pas, sekitar 3,5 inci.

3. Ketahanan atau batas pakai SSD juga penting untuk diperhatikan

Berdasarkan hasil penelitian yang sudah ada, sebuah SSD baisanya mampu bertahan selama 5 hingga 7 tahun lamanya, tergantung dari pemakaian dan aktifitas (read and write) yang dilakukan. Semakin sering kita melakukan proses write, maka akan semakin singkat umur SSD yang kita miliki.

Nah, itulah beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum kita membeli sebuah SSD. Memang tidak ada salahnya jika kita menginginkan yang terbaik, namun berfikir jauh ke depan sebelum bertindak akan lebih baik lagi. Jangan sampai kita memiliki sebuah SSD, melupakan HDD, dan mengorbankan perangkat tersayang saying selalu menemani rutinitas harian kita.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY