Perancang Pameran Profesi Yang Mulai Digemari Di Korea

Perancang Pameran Profesi Yang Mulai Digemari Di Korea

175
0
SHARE

1

Setelah sebelumnya kita membahas tentang jurusan fashion di Italia, kali ini kita beralih ke Korea yang kabarnya sedang berkembang sebuah tren profesi baru di sana. Jika di Indonesia pameran menjadi suatu acara yang sangat di minati oleh masyrakat, ternyata tidak begitu dengan warga di Korea sana.

Mereka justru kurang menyukai pameran. Meskipun begitu, ternyata kurangnya minat untuk dating ke sebuah pameran justru bisa menjadi lading usaha bagi beberapa orang, seperti Song Hye Min misalnya, seorang yang berprofesi sebagai perancang pameran.

Perancang pameran, ya mungkin masih agak begitu asing bagi kita, tapi itulah yang dialkukan oleh Song Hye Min dan beberapa orang lainnya yang menjadikan itu sebagai sebuah pekerjaan. Meski terbilang mustahil mengingat kurangnya minat masyarakat di Korea terhadap adanya sebuah pameran, nyatanya Min dan perancang pameran lainnya berhasil membuat pekerjaan yang satu ini begitu diminati di Korea. Dengan bantuan Min dan para perancang pameran, maka sebuah pameran yang tadinya dianggap membosankan akan menjadi begitu menarik dan berbeda.

Pada prinsipnya, perancang pameran menjadi penghubung antara seni dan pengunjung. Namun sayangnya di Korea orang-orang lebih memilih untuk menghadiri acara-acara seperti teater disbanding pameran seni, meskipun mereka mendapatkan undangan untuk hadir dalam pemeran tersebut. Nah, dari situlah kemudian ide untuk menjadi penata pameran didapat oleh Song Hye Min. tugas utama seorang perancang pameran adalah membangun komunikasi antara seni yang dipamerkan dengan para pengjung yang hadir saat itu.

Berdasarkan penuturan Song Hye Min, ada dua kategori tugas yang bisa dilakukan oleh seorang perancang pameran, yaitu Exhibition Branding dan Showroom Design. Exhibition Branding bertugas untuk mengiklankan pameran yang sedang atau akan dilangsungkan. Misalnya melalui poster, banner, undangan atau brosur. Sedangkan Showroom Design yang bertugas sekaligus bertujuan untuk membuat pengunjung merasakan empat karya seni dan menikmati konsep dari pameran tersebut sehingga lebih mengerti tentang karya seni yang dipamerkan.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY