1

Bagi pengguna Android, memiliki perangkat dengan RAM yang besar tentu saja menjadi suatu kepuasan tersendiri. Pasalnya dengan kapasitas RAM yang terbilang lebih dari cukup, 4 GB misalnya, dapat membuat kita melakukan banyak pekerjaan sekaligus (multitasking) pada perangkat yang kita miliki.

Namun hal sebaliknya justru dirasakan oleh para pengguna Android dengan kapasitas RAM yang mini, jangankan untuk membuka banyak aplikasi, bermain game ringan saja akan terasa sulit karena sering terjadi lag.

Berbagai permsalahan di Android seperti RAM sesak atau fitur yang terbatas sebenarnya sudah banyak ditemukan solusinya oleh para ‘opreker’ di tanah air. Tapi sayangnya untuk bisa membuat RAM lega dan fitur-fitur dari perangkat lain bisa digunakan dengan baik tanpa hambatan, perangkat yang kita miliki harus di root terlebih dahulu.

Dan hal tersebut tentu saja berpengaruh pada garansi resmi yang masih dimiliki. Tapi tenang saja, karena beberapa cara berikut ini dapat membantu kamu yang sedang mengalami masalah pada RAM yang minim atau boros, padahal aplikasi yang terpasang tidak terlalu banyak.

1. Hindari menggunakan terlalu banyak widget dan live wallpaper

Menggunakan widget untuk melihat tanggal dan perkiraan cuaca tentu saja sangat membantu. Begitupun dengan penggunaan live wallpaper yang mebuat layar smartphone yang kita miliki terlihat lebih hidup dan keren. Namun ternyata kedua hal tersebut adalah pemicu dibalik borosnya RAM perangkat yang kita rasakan. Selain menguras RAM, keberadaan widget dan live wallpaper yang bisa melakukan refresh otomatis pada waktu tertentu juga berpotensi untuk menguras daya baterai.

2. Jika tidak diperlukan disable atau nonaktifkan saja beberapa aplikasi tak terpakai.

Beberapa aplikasi yang terpasang pada perangkat yang kita miliki terkadang juga menggunakan RAM meski dalam keadaan sedang tidak digunakan. Untuk itu, agara RAM yang ada tidak terbuang percuma, sebaiknya matikan saja beberapa aplikasi tak terpakai. Namun hati-hati. Jangan sembarang menonaktifkan aplikasi, karena di beberapa perangkat tertentu, mematikan ‘aplikasi wajib’ bisa menyebabkan kita tidak bisa melakukan update OTA.

Untuk menonaktifkan aplikasi yang jarang kita gunakan, masuk ke menu Settings > Apps. Cari aplikasi yang ingin dinonaktifkan lalu tekan atau tap tombol disable. Sedangkan untuk mematikan beberapa animasi yang tidak diperlukan, bisa menuju ke Settings > Developer Options > Drawing. Lalu Turn Off semua animasi yang sedang dalam kondisi aktif.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY