Tips Mengatasi Smartphone Android Yang Restart Sendiri

Tips Mengatasi Smartphone Android Yang Restart Sendiri

340
0
SHARE

1

Sebagian besar pengguna smartphone berbasis Android entah itu muda ataupun tua, pasti pernah mengalami hal yang satu ini. Kondisi di mana smartphone yang dimiliki mulai menunjukkan kalau smartphone tersebut sedang dalam keadaan yang kurang baik.

Parahnya lagi, jika sudah nge-lag terlalu lama, perangkat akan tiba-tiba restar sendiri. Tidak hanya sekali, pada beberapa perangkat tertentu hal tersebut jutsru terjadi berkali-kali. Ini tentu saja membuat pengguna menjadi pusing dan kebingungan dengan apa yang telah terjadi dan bagaimana cara untuk mengatasinya.

Perangkat Android jika sudah terlalu lama digunakan atau terlalu sering diutak-atik, maka akan menunjukkan beberapa kenaehan sebagai tanda bahwa perangkat tersebut sedang bermasalah. Salah satunya seprti perangkat sering restart sendiri. Untuk yang satu ini ada beberapa factor yang menyebabkannya, seperti aplikasi yang kita pasang (install) terlalu banyak, aplikasi yang ada mengalami crash, menginstal aplikasi yang tidak disarankan oleh Google (Aplikasi hasil crack), memori RAM yang sudah terlalu penuh dan file sistem yang corrupt. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Untuk beberapa permasalahan pada perangkat Android seperti kasus yang satu ini, b isa diatasi dengan beberapa cara. Salah satunya adalah dengan mengembalikan pengaturan perangkat ke pengaturan semula (factory reset). Namun sebelum melakukannya, amankan (backup) terlebih dahulu semua data-data penting yang ada di perangkat.

Setelah itu masuk ke menu pengaturan, pilih menu cadangan & setel ulang, lalu pilih kembalikan ke setelah pabrik. Perangkat akan melakukan proses pengaturan ulang.

Pada beberapa smartphone tertentu seperti Samsung misalnya, bisa mencoba untuk melakukan falsh atau reset melalui Boot Mode. Caranya adalah dengan menekan tombol menu dan tombol Volume (-/+ sesuai dengan tipe perangkat masing-masing) dalam kedaan perangkat off. Setelah perangkat melalakukan restart secara otomatis maka akan muncul menu untuk melakukan pengaturan ulang.

Jika kedua cara di atas tidak begitu membantu, sialhkan untuk melakukan flashing firmware, langkah-langkahnya bisa dicari melalui halaman Google karena setiap perangkat memiliki caranya masing-masing. Apabila bingung dan tida ingin repot, bawa saja perangkat yang bermasalah tersebut ke service center terdekat. Semoga saja cara-cara tersebut dapat membantu.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY