Tanda-Tanda Kita Alami Dehidrasi

Tanda-Tanda Kita Alami Dehidrasi

94
0
SHARE

1

Kekurangan cairan atau dehidrasi sering kali dipandang remeh oleh banyak orang. Mengkonsumsi air sesuai dengan yang telah dianjurkan sering sekali diabaikan hingga akhirnya terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Salah satunya seperti dehidrasi.

Namun ternyata dehidrasi bukan satu-satunya masalah yang akan kita alami ketika kita tidak mencukupi kebutuhan cairan yang diperlukan oleh tubuh. Pada artikel kali ini kita akan membahasa tentang beberapa tanda yang akan menunjukkan kalau kita sedang mengalami dehidrasi.

Ketika sedang merasa dalam keadaan sehat, kita lupa bahwa tubuh kita sedang mengalami kekurangan cairan. Apalagi ketika sedang berolahraga, kita sering tak menyadari bahwa tubuh lebih banyak mengelurkan cairan dari biasanya dan harus segera digantikan dengan banyak mengkonsumsi air putih. Untuk mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh, kita sebaiknya minum 8 gelas air putih setiap hari. jika itu tidak terpenuhi, maka cepat atau lambat kita akan mengalami dehidrasi. Berikut ini adalah beberapa tanda-tanda yang menunjukkan kalau tubuh kita sedang mengalami dehidrasi.

1. Urin yang kita keluarkan berwarna kuning pekat

Ketika urin yang kita keluarkan saat buang air kecil berwarna kuning pekat, maka itu artinya ada banyak kotoran dan racun dari dalam tubuh yang keluar bersama urin. Itu juga menandakan kalau proses hidrasi dalam tubuh sedang dalam keadaan yang kurang baik. Salah satu fungsi dari cairan yang kita konsumsi adalah untuk mbersihkan kotoran dan racun yang ada di dalam tubuh.

2. Mulai sering sakit kepala

Urin yang keluar dari dalam tubuh mengandung banyak zat yang bersal dari dalam tubuh. Salah satunya seperti garam. Garam merupakan salah satu zat yang penting bagi tubuh, karena di dalamnya terkandung sodium dan potassium. Semakin banyak tubuh kita mengalami kekurangan cairan, maka volume darah dalam tubuh juga akan menurun. Jika darah menurun, maka pasokan oksigen ke otak akan terganggu dan kemudian menyebabkan pembuluh darah membesar yang menyebabkan kepala akan terasa sakit.

3. Buang air besar jadi tidak lancer

Dehidrasi juga bisa ditandai dengan sembelit. Jika biasanya kita lancer buang air lalu tiba-tiba mengalami sedikit gangguan (tidak lancer), maka bisa jadi itu karena tubuh sedang kekurangan cairan. Pasokan air yang cukup dalam tubuh akan membantu mengeluarkan kotoran melalui usus besar. Jika kebutuhan air tidak terpenuhi, maka secara otomatis proses pembuangan akan jadi terhambat.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY