Ciri-Ciri Kanker Mulut Yang Berbahaya

Ciri-Ciri Kanker Mulut Yang Berbahaya

230
0
SHARE

1

Selain jantung, Kanker adalah penyakit mematikan yang sangat diatakuti oleh banyak orang. Parahnya lagi ternyata kanker memiliki banyak jenis, salah satunya adalah kanker mulut. Menurut informasinya, kanker mulut adalah jenis kanker yang berkembang dan tumbuh di bagian sekitar mulut. Biasanya menyerang pada bibir, lidah gusi, dan langit-langit yang terdapat di dalam mulut. Penyebarannya sendiri dikatakan dapat melalui jaringan di sekitar mulut dan kelenjar getah bening. Beruntung dokter mengatakan kalau kanker mulut termasuk kanker yang jarang terjadi. Meski begitu kita harus tetap waspada.

Menurut informasi yang dibagikan melalui laman Dokter Sehat, diketahui kalau ternyata kanker mulut pada umumnya menyerang lansia yang berusia 50 hingga 70 tahun. Kanker jenis ini juga lebih sering terjadi pada pria disbanding wanita. Meski lebih banyak menyerang pada lansia, bukan berarti kalangan yang lebih muda bisa bernafas lega, sebab kanker mulut juga bisa terjadi pada orang dewasa, penyebab utamanya adalah Karena terinfeksi virus HIV/Aids.
Untuk lebih berjaga-jaga terhadap serangan yang dapat ditimbulkan oleh kanker mulut, berikut ini adalah beberapa ciri-ciri dari kanker mulut yang cukup berbahaya ini.

Ciri-ciri umum dari kaner mulut yang pertama adalah penderita mengalami kesulitan ketika menelan dan mengunyah. Ini terjadi ketika sang penderita mulai merasa kesulitan untuk mengunyah makanan dan menelannya. Mulut terasa sulit untuk digerakkan sehingga tidak mampu untuk menghancurkan makanan dengan baik. Ciri berikutnya adalah kehilangan rasa. Ketika kanker mulut menyerang, penderita akan merasa kehilangan rasa dari indera perasa, tepatnya pada bagian lidah. Jika sudah sampai pada kondisi ini, penderita sebaiknya segera dirujuk ke dokter atau rumah sakit terdekat untuk kemudian ditangani.

Berikutnya adalah pembengkakan mendadak pada bagian mulut. Ini perlu diwasapadai, terutama jika terjadi secara tiba-tiba tanpa sebab tertentu. Pembengkakan biasanya diawali dengan timbulnya bercak merah atau putih pada bibir dan ringga mulut yang terus melebar dan membesar. Perbedaan warna pada mulut juga bisa menjadi salah satu ciri dari terjadinya kanker mulut. Kondisi tersebut semakin diperburuk dengan adanya rasa aneh dan tidak nayaman pada bagian yang dimaksud. Ini biasanya terjadi pada mulut, bibir, kelenjar ludah, lidah, gusi, dan langit-langit mulut. Jika kamu merasakan semua itu, segera pergi ke dokter untuk diperiksa.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY