Cara Obat Kemoterapi Membunuh Sel Kanker

Cara Obat Kemoterapi Membunuh Sel Kanker

170
0
SHARE

1

Di artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang kanker. Kali ini kita akan bahas tentang salah satu cara menyembuhkan kanker. Ada beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk memperlambat atau mungkin menyembuhkan kanker, salah satunya adalh dengan menjalani kemoterapi. Terapi yang satu ini merupakan sebuah terapi khusus yang sering dilakukan untuk menyembuhkan kanker. Obat-obatan yang diberikan ketika menjalani proses kemoterapi berfungsi untuk merusak, menyusutkan dan mengendalikan sel kanker. Lalu bagaimana cara obat-obatan tersebut bekerja pada sel kanker?

Berdasarkan informasi yang dimuat laman National Geographic, terdapat beberapa jenis obat-obatan yang sering digunakan dalam proses kemoterapi. Masing-masing dari obat tersebut memiliki fungsi untuk menghancurkan atau menyusutkan sel kanker yang ada dalam tubuh. Meski memiliki fungsi yang sama, obat-obatan tersebut memiliki cara berbeda dalam menangani sel kenker. Obat yang diberikan pun bermacam-macam, ada yang berbentuk suntikan, atau pula yang berbentuk pil siap minum.

Agar dapat bekerja dengan baik untuk membantu tubuh mendapatkan kembali kekuatan agar bisa membuat sel baru yang sehat, maka penderita kanker biasanya dianjurkan oleh dokter untuk mengkonsumsi obat-obatan tersebut selama beberapa minggu. Dosis yang diberikan ternyata juga berbeda-beda, ada yang harian, mingguan, atau bahkan bulanan. Tergantung tipe kanker yang diderita.

Selain bekerja untuk merusak, menyusutkan dan mengendalikan sel kanker, obat-obatan yang digunakan saat kemoterapi juga berfungsi untuk mengatasi gejala yang disebabkan oleh serangan kanker, misalnya seperti rasa nyeri. Kemoterapi sendiri tidak hanya dilakukan untuk upaya penyembuhan tapi juga untuk mengecilkan kanker atau tumor agar lebih mudah untuk diangkat ketika dilakukan operasi.

Di dalam tubuh obat-obatan tadi memiliki cara kerjanya masing-masing. Ada yang bekerja dengan cara membunuh sel yang sehat dan sel kanker, ada yang hanya membunuh sel kanker saja, da nada pula yang menyerang gen sel kanker sehingga sel tersebut mati dan tidak bisa tumbuh lagi menjadi tumor yang baru. Setelah mengikuti beberapa seri kemoterapi, dokter biasanya akan mengetahui respon tubuh si penderita terhadap pengobatan yang telah dilakukan. Jika kemoterapi dirasa tidak bekerja, maka dokter biasanya akan bertindak dengan cara meberikan dosis yang lain atau mengkombinasikan kemoterapi dengan jenis terapi lainnya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY