1

Smartphone sekarang ini memang sulit lepas dari keseharian kita. Banyak sekali urusan, entah itu pekerjaan atau sekadar hiburan bisa kita dapatkan melalui smartphone. Kegelisahan luar biasa bisa kita rasakan ketika smartphone ketinggalan di rumah atau hilang. Apakah tingkat kegelisahan yang dirasakan masih masuk kategori wajar atau sudah berlebihan? Bisa jadi sebenarnya kamu sudah mengidap jenis fobia yang baru yang masih ada hubungannya dengan smartphone.

Smartphone memang membawa banyak sekali kemudahan. Apabila sudah terbiasa menggunakannya tanpa sadar kita mengalami ketergantungan kepada smartphone.

Teknologi smartphone memang memberikan kemudahan kepada manusia. Dari perangkat yang ukurannya segenggaman manusia banyak sekali kebutuhan yang bisa kita penuhi dengannya. Tentu saja selain kita membutuhkannya sebagai alat komunikasi, soal pembayaran tagihan atau hiburan bisa jadi jauh lebih mudah dengan menggunakannya.

Inilah yang bisa menyebabkan kita ketergantungan pada smartphone tanpa kita sadari. Saat kita tak membawa smartphone di dalam genggaman, banyak komunikasi akan terhenti. Banyak hal yang tadinya sederhana dengan menggunakan smartphone malah menjadi sulit. Bagaimana saat kita membutuhkan kontak orang terdekat? Atau bagaimana saat butuh mengecek email atau membayar tagihan? Apa yang akan terjadi saat kamu tak bisa update sosial media sementara waktu?

Jika perasaan gelisah yang dirasakan berlebihan itu sangat tidak wajar. Barangkali kamu sudah mengalami nomophobia. Ketakutan atau kecemasan tak memegang smartphone, hanya salah meletakkan atau hanya gara-gara baterainya habis. Kasus ini paling banyak ditemukan pada siswa SMA atau mahasiswa.

Kecemasan tidak memeriksa smartphone setiap beberapa menit termasuk dalam nomophobia. Selain itu penderita nomophobia sangat takut jika smartphone mereka kehabisan daya.

Apa sebenarnya alasan orang takut saat kehilangan akses dengan ponsel pintarnya. Ada empat alasan seseorang menderita nomophobia. Pertama mereka takut kehilangan kemampuan untuk berkomunikasi, lalu takut kehilangan informasi, selain itu juga takut terputus hubungan dengan orang, dan terakhir takut sekali hidup akan jadi lebih sulit tanpa adanya smartphone. Setiap teknologi memiliki dampak negatif dan positif. Gunakanlah ponsel pintarmu dengan bijaksana.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY