1
Minyak goreng atau minyak sayur identik dengan kandungan lemak. Termasuk di dalamnya segala jenis makanan yang ditumis atau gorengan. Menjadi tidak sehat jika dikonsumsi secara berlebihan karena kandungan lemak di dalam minyak goreng cukup tinggi. Meskipun demikian, minyak goreng selalu menjadi satu di antara bahan makanan yang ada di dapur kita. Kita tidak perlu meninggalkan minyak goreng jika ingin mendapatkan tubuh yang selalu sehat.

Lalu memilih makan makanan yang direbus atau dikukus. Kita hanya perlu pandai-pandai memilih minyak goreng sehat untuk memasak. Tetapi bagaimana caranya memilih minyak goreng yang sehat ya? Ada beberapa kiat yang dapat kita terapkan saat memilih minyak goreng. Berikut kiatnya.

1. Jernih, Tidak Beku Dan Tidak Kental

Saat memilih dan membeli minyak goreng, pastikan minyak goreng yang jernih yang dipilih. Sebab minyak goreng yang jernih lebih sehat dibanding minyak yang warnanya keruh. Selain itu minyaknya tidak membeku atau mengental. Sebab minyak yang mengental menunjukkan minyak goreng kandungan lemak jenuh yang cukup tinggi. Risiko lainnya dari minyak goreng yang kental adalah bisa meningkatkan kadar kolesterol di dalam tubuh kita. Bisa juga membuat tenggorokan gatal bahkan kanker.

2. Minyak Rendah Lemak

Pastikan melihat kandungan lemak yang ada di kemasan minyak goreng sebelum membelinya. Ini untuk memilih minyak goreng yang kandungan lemaknya lebih rendah. Minyak goreng rendah lemak selain lebih sehat juga bisa menghasilkan makanan yang lebih lezat.

3. Kaya Akan Omega 3

Nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh adalah Omega 3. usahakan memilih minyak goreng yang kandungan Omega 3-nya cukup tinggi. Sebab Omega 3 merupakan satu di antara nutrisi yang bisa menjaga kesehatan jantung dan kesehatan organ tubuh penting lainnya.

4. Komposisi Minyak

Perhatikan komposisi minyak. Di kemasan minyak goreng biasanya tertera komposisi minyak. Selain memilih minyak yang rendah lemak, kaya Omega 3, ada kandungan protein sehatnya dan bebas pengawet atau pewarna berbahaya.

Nah itu dia beberapa kiat memilih minyak goreng yang tentunya sehat untuk keluarga. Kalau masih rahu dengan kandungan minyak goreng yang ada di pasaran, tak ada salahnya mulai sekarang mengganti minyak goreng dengan minyak goreng alami.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY