1

Food combining pernah dengar sebelumnya? Atau malah sering dengar dari teman-teman? Atau jangan-jangan kamu sendiri sudah melakukan food combining? Food combining sendiri adalah pola makan yang diatur sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh tubuh kita.

Diet food combining ini mengacu pada sistem kerja tubuh kita. Terutama pada sistem pencernaan. Secara global hal ini mengarah pada pencapaian kesehatan tubuh di pelaku. Bukan semata-mata untuk melangsingkan badan atau tujuan diet lain yang selama ini sudah ada.

Food combining sendiri bukan baru-baru ini muncul. Penerapannya sudah ada sejak lama dan diterapkan oleh suku bangsa Essene di Paletina. Ahli lain yang punya konsep sejenis muncul seiring perkembangan zaman. Di Indonesia, Andang Gunawan, yang memperkenalkan food combining.

Beliau merupakan seorang pengusaha di bidang media dan juga penulis. Tahun 1994 lalu dia memulai food combining setelah melihat suaminya memiliki gejala sakit liver. Selain itu ada pula seorang pakar gizi yang menerapkan food combining, Wied Harry Apriadji.

Akhirnya baru-baru ini food combining pun muncul ke permukaan dan menjadi tren. Banyak orang mulai menerapkan pola makan sehat ini. Satu di antaranya adalah Fety Khosianah. Dia seorang dosen di perguruan tinggi swasta di Surabaya. Mengakui sejak tahun 2008 menjadi orang yang menerapkan food combining.

Dia awalnya cukup bingung karena banyak sekali detail food combining ini. Dilanjutkan olehnya bahwa dia sempat keliru menerapkan food combining secara menyeluruh. Apalagi dia sendiri belum paham dan belum menggunakan panduan ketika menerapkan food combining ini. Akhirnya dia membaca buku panduan dan beberapa sumber lain untuk melakukan food combining. Seperti sarapan buah di pagi hari untuk meringankan beban pencernaan yang akan memasuki fase pembuangan pukul 4-12 siang.

Lalu dia makan seperti biasa namun yang dipilih adalah menu yang lebih tepat dan sehat. Seperti nasi merah yang tidak memicu kenaikan gula drastis seperti nasi putih. Lalu dilengkapi dengan sayuran. Makan cukup kebutuhan energi setiap hari di tubuh. Banyak pelaku food combining yang merasakan manfaat positif menerapkan pola makan seperti ini. Efek kesehatannya tak terduga lho. Yuk ikut coba food combining!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY