Manfaat Kopi Untuk Kesehatan

Manfaat Kopi Untuk Kesehatan

215
0
SHARE

1

Minuman di pagi hari yang paling populer memang tak lain dan tak bukan adalah kopi. Ini sebagai bekal untuk mengawai hari agar tubuh dan pikiran menjadi lebih segar. Tapi tak jarang orang juga minum kopi di malam hari agar tetap bisa segar dan bergadang.

Namun buat pecinta kopi jangan takut mengenai rumor yang mengatakan bahwa minum kopi bisa merusak kesehatan tubuh kita. Nggak sepenuhnya benar kok. Sebab banyak sekali penelitian yang menyatakan bahwa minum kopi lebih dari tiga gelas dalam satu hari sangat baik buat kesehatan.

Ada sebuah penelitian yang melibatkan lebih dari 400ribu orang yang menyimpulkan bahwa peminum kopi justru risiko kematian dininya sampai 16% lebih kecil jika dibandingkan dengan orang yang jarang sekali minum kopi. Mau tahu manfaat lainnya dari kopi bagi kesehatan? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Cegah pikun

Pikun dan penyakit alzheimer ternyata dapat dipengaruhi oleh sebuah senyawa yang terdapat dalam kopi yaitu polifenol yang berfungsi untuk melindungi kesehatan otak. Kafein yang terkandung di dalam kopi juga sangat bermanfaat untuk mencegah timbulnya pembentukan plak amiloid yang bisa mencegah kerusakan neurofibrulary yang menjadi sumber utama penyakit alzheimer.

2. Cegah batu empedu

Tahun 2002 peneliti di Harvard menemukan kalau wanita yang minum paling tidak empat cangkir kopi dalam sehari risikonya 25% lebih rendah memiliki batu empedu. Dan sebelumnya sebuah studi lainnya menemukan hasil yang tak jauh berbeda pada pria.

3. Kurangi risiko diabetes

Peminum kopi lebih kecil kemungkinannya untuk mendapatkan diabetes tipe 2.

4. Turunkan risiko kanker

Kopi dapat menurunkan risiko kanker payudara. Setidaknya dengan meminum dua atau tiga cangkir kopi dalam sehari dapay mengurangi atau setidaknya menunda timbulnya kanker payudara. Selain kanker payudara pada wanita pria juga bisa mendapatkan penurunan risiko kanker prostat.

5. Peningkatan metabolisme dan penurunan berat badan

Kopi bisa membantu mempertahankan atau menurunkan berat badan. Sebuah studi pada tahun 1980 menemukan kalau kafein yang ada di dalam kopi dapat memberikan rangsangan pada metabolisme tubuh. Itu pada orang normal. Sedang pada orang yang mengalami obesitas, ternyata dapat mengalami oksidasi lemak yang lebih besar.

6. Kandungan antioksidan

Kopi ternyata memiliki lebih banyak antioksidan dibandingkan kebanyakan sayuran dan buah yang ada. Tahun 2005 bahkan sebuah studi menemukan bahwa kopi berada di urutan pertama sebagai sumber antioksidan di dalam pola makan orang Amerika. Kopi juga bisa dijadikan masker wajah yang alami selain diminum karena kandungan antioksidannya yang tinggi.

7. Cegah encok

Kopi biasa atau yang tanpa kafein tetap bisa memberikan dampak positif sebab dengan minum enam cangkir sehari akan menurunkan risiko terkena encok sampai 60%.

8. Cegah penyakit jantung atau stroke

Dengan meminum kopi dapat membuat kita terhindar dari penyakit jantung bahkan stroke.
Banyak sekali kan manfaatnya? Jadi jangan khawatir ya untuk minum kopi asal jangan secara berlebihan.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY