1

Satu di antara banyak cara mengekspresikan diri kita saat mengalami yang nama kesenangan, kesedihan, atau emosi yang lainnya adalah dengan bermain musik. Sebab dengan bermain musik pikiran yang penat pun akan menghilang. Apalagi kalau kita mampu menikmati setiap nada yang mengalun tersebut. Satu di antara alat musik yang gampang dipelajari dan bisa dibawa

Bermain musik adalah salah satu wadah untuk mengekspresikan diri, ketika sedang senang, sedih, galau, badmood, ataupun lainnya. ketika bermain musik seluruh penat pikiran pun hilang. terlebih lagi ketika kamu bisa menikmati setiap alunan yang ada. Tetapi disamping fakta tersebut banyak orang yang ingin mahir memainkan gitar malah sulit melakukannya dan ujung-ujungnya hanya menjadi sebuah rencana belaka.

1. Yakin dan Janji

Kumpulkan niat saat bangun tidur supaya bisa bermain gitar. Harus punya niat yang dibuat pada saat yang tepat. Lalu yakinkan diri sendiri lalu berjanji bahwa setiap harinya kamu akan rajin berlatih.

2. Alat musik sendiri

Jika memang ingin belajar bermain gitar dengan lebih mudah sebaiknya memang punya alat musik sendiri. Setiap hari luangkan waktu untuk berlatih karena kita tak perlu meminjam alat pada orang lain agar bisa latihan. Sebelumnya pastikan juga jenis musik apa yang kita sukai kalau sudha punya alat musik sendiri agar nantinya tidak salah pilih alat musik. Biasanya pemula disarankan menggunakan gitar yang senarnya nylon.

3. Hafal kunci dasar gitar

Kalau sudah punya alat musk sendiri dan sudah mulai bisa latihan, diingat juga bahwa kenyamanan saat memegang gitar memberikan pengaruh. Nah pastikan ya sudah memegang gitar dengan posisi yang paling nyaman. Di gitar standar kita bisa menemukan 6 senar gitar. Kalau ingin lancar memainkannya ketahui urutan nada yang dikeluarkan dari setiap senarnya. Kalau sudah tahu urutan nadanya saatnya memulai pembelajaran yang kita inginkan. Jangan memulai dengan kunci yang sulit. Mulai belajar dari kunci dasar saja dulu. Dengar baik-baik setiap kunci yang telah dipelajari. Kalau suara nada gitar masih ada bunyi yang aneh atau malah tidak berbunyi sama sekali barangkali ada senar yang terkena jari atau belum pas menekan senarnya. Kalau suara gitar sudah ada suara yang merdu, itu artinya kamu sudah berlatih dengan benar.

4. Mainkan kunci dasar

Mulailah untuk berpindah kunci. Tak perlu banyak, dua kunci termudah saja yang dimainkan. Misalnya dari A ke D. Semuanya diulangi sampai benar-benar lancar dan selalu yakin pada diri sendiri bahwa kamu bisa melakukannya. Apabila ada kendala rasa malas mulai menghantui coba ingat kembali niat, keyakinan, dan janji yang sudah dibuat sebelumnya. Dua kunci sudah lancar? Bisa ditambah menjadi tiga atau empat kunci dasar yang bisa dipindah-pindahkan.

5. Mainkan lagu

Saatnya untuk memainkan lagu. Pastikan gitar sudah di-steam dengan baik. Jangan tergesa-gesa. Jangan lupa untuk benar-benar tahu mengenai perpindahan kunci di dalam lagu yang akan dimainkan nantinya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY