1

Para dokter beberapa tahun belakangan ini mengandalkan tes dengan menggambar jam, ini dilakukan untuk membantu diagnosa otak manusia jika memiliki permasalah seperti Parkinson atau Alzheimer. Orang yang menderita Parkinson atau Alzheimer akan menggambar bentuk jam yang berbeda. Namun sekarang ada teknologi baru yang diteliti oleh peneliti di MIT Computer Science dan Artificial Intelligence Laboratory. Peneliti menyarankan metode yang baru untuk membuat pengujian pada masalah otak dengan pena digital dan juga perangkat lunak yang terhubung dengannya.

Pena yang sudah dihubungkan dengan perangkat lunak bisa memprediksi kondisi otak yang didasarkan dari apa dan bagaimana orang yang dites menggambar menggunakan pena tersebut. Ditemukan bahwa orang yang sehat cenderung butuh waktu untuk memikirkan apa yang menarik untuk ia gambar, sedangkan pada penderita Parkinson malah mengalami kesulitan untuk menggambarkannya, sementara pada penderita Alzheimer mereka lebih banyak menghabiskan waktu untuk berpikir apa yang akan ia gambar.

Namun sayangnya peneliti ini belum siap untuk menggunakan metode pena digital ini yang dihubungkan dengan software. Sebab mereka masih ingin melihat seberapa baik metode ini akan bekerja dengan alat skrining lain yang sedang dikembangkan. Apalagi sebagai peneliti mereka baru saja memulai untuk membuat penyelidikan cara apa saja yang bisa mengungkapkan kondisi otak seseorang. Otak memang hal yang menarik sekali untuk diteliti mengingat sistem operasi manusia pusatnya ada di dalam otak.

Otak yang sangat rumit sistem kerjanya tetapi manfaatnya sangat besar bagi manusia. Bagaimana sebuah otak bisa memberikan pengaruh yang sangat besar bagi kehidupan manusia. Bukan hal yang lain. Hanya otak saja. Karena otak adalah inti dari manusia yang ada di jagat raya ini. Menemukan hal-hal baru mengenai otak tentunya akan sangat menyenangkan mengingat banyaknya misteri yang ada di dalam otak setiap manusia di dunia ini. Dengan mengetahui sistem kerja otak manusia tentunya bisa menambah kemampuan otak yang sudah ada dan telah diketahui sebelumnya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY