Kota Yang Polusi Udaranya Sangat Parah

Kota Yang Polusi Udaranya Sangat Parah

198
0
SHARE

1

Kalau Anda bertanya-tanya di kota yang mana di dunia ini yang udaranya paling mematikan bagi manusia, mungkin jawabannya adalah ibukota China yaitu Beijing. Sebab menghirup udara di kota ini sama artinya Anda menjadi perokok yang aktif! Sebab dari sebuah penelitian yang dilakukan tim ilmuwan Amerika ‘Barkeley Earth’, satu hari bernapas di Kota Beijing sama dengan menghisap rokok sebanyak 40 batang. Sangat menakutkan ya! Apalagi udara adalah kebutuhan kita yang paling utama. Bagaimana cara menghindarinya di kota ini? Tidak mungkin kan kita puasa bernapas selama di Beijing?

Bahayanya lagi, udara di kota ini mengandung partikel polusi yang ukurannya kurang dari 2,5 mikron. Ini dapat membuatnya masuk ke bagian paru-paru yang paling dalam. Efek yang sangat menakutkan, sebab udara yang tercemar itu bisa menjadi penyebab kanker asthma, serangan jantung, kanker paru-paru bahkan sampai stroke. Udara yang mematikan tersebut setidaknya dihirup oleh 83 persen penduduk Beijing.

Polusi udara di kota ini memang berada di tingkat berbahaya. Satu jam bernapas di Beijing bisa mengurangi angka kehidupan sampai 20 menit. Artinya, setiap orang yang ada di Beijing mengisap 1,5 batang rokok dalam satu jam. Dari laporan dinas kesehatan di China, setidaknya 4.000 orang dalam sehari terbunuh oleh polusi udara dan ini sama dengan jumlah kematian di China 17 persen. Polusi di China bisa sedemikian tinggi disebabkan oleh banyaknya pabrik dan juga pembangkit listrik yang mengeluarkan zat buangan dalam bentuk gas berbahaya. Belum lagi polusi yang ditimbulkan oleh kendaraan dan asap pembakaran lainnya.

Sayang sekali ya, satu kota penuh oleh polusi yang membahayakan orang yang ada di dalamnya. Apalagi mengingat banyak orang yang menjadikan Beijing sebagai tujuan wisata. Masih ingin pergi ke Beijing? Sebaiknya gunakan masker selama berada di kota tersebut untuk menghalangi banyaknya udara yang berpolusi yang masuk ke tubuh kita tanpa pembatas apa-apa. Walaupun ini belum tentu efektif sebenarnya untuk melindungi paru-paru kita dari semua polusi yang ada di dalam udara di kota ini.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY