1

Insan kreatif tentunya sangat resah dengan maraknya pembajakan. Karya yang tadinya bisa menjadi pundi-pundi kehidupan buatnya malah menguap tanpa bekas begitu saja. Satu di antaranya adalah film. Kerugian yang diderita seseorang akibat pembajakan belum diketahui secara pasti namun yang jelas ini sangat merugikan. Mengingat untuk membuat sebuah film saja setidaknya butuh dana sekitar Rp2 Milyar. Hal ini dikatakan oleh Fauzan Zidni setelah acara konferensi pers mengenai penutupan 22 situs tempat mengunduh secara ilegal di Kemkominfo.

Bagian menariknya adalah menurut Ahmad M. Ramli, Dirjen Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), musik yang sebenarnya juga merupakan produk kreatif malah berada diurutan kedua dibandingkan film jika bicara soal pembajakan. Penyebabnya tntu saja karena mendengarkan lagu bisa lebih sering dibandingkan dengan film.

Frekuensi mendengarkan lagu jauh lebih sering sehingga orang lebih sering membajak film dibandingkan membajak lagu. Lagu dapat diputar berkali-kali beda dengan film yang diputar biasanya sekali. Walaupun demikian keduanya merupakan bentuk pembajakan karya kreatif entah itu yang berupa film atau lagu apabila melakukannya secara ilegal. Kemkominfo memang secara resmi akhirnya menutup 22 website yang secara ilegal memuat film seperti yang kita ketahui baru-baru ini. Ini berdasarkan rekomendasi yang didapatkan dari Kemenkumham dan juga APROFI.

Hal ini juga sesuai dengan peraturan bersama Menteri Hukum dan HAM RI No. 14 tahun 2015 dan juga Menteri Komunikasi dan Informatika No. 26 tahun 2015 yang membahas tentang Pelaksanan Konten dan/atau Hak Akses Pengguna Pelanggaran Hak Cipta Dan/Atau Hak Terkait Dalam Sistem Elektronik.

Bagi insan kreatif ini seperti menjadi angin segar supaya mereka bisa berkarya lebih banyak lagi untuk memajukan industri film dan juga musik. Mengingat pembajakan yang terjadi sudah sangat lama dan banyaknya insan kreatif yang akhirnya mengambil langkah yang lain untuk memperoleh penghasilan karena di industri kreatif film dan musik seperti sudah tak ada tempat untuk mereka mendulang penghasilan.

Mulai sekarang yuk dukung industri film dan musik Indonesia sehingga mampu melahirkan insan kreatif yang lebih berkualitas lagi dan mampu memberikan manfaat bagi masyarakat Indonesia.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY