1

Masalah rambut yang sangat dibenci orang setelah ketombean adalah kutu rambut. Tapi tahu nggak kalau kutu rambut itu dapat hadir gara-gara selfie bahkan semakin parah? Dari penelitian yang dilakukan seorang ahli fisika asal Wisconsin, Amerika yang bernama Sharon Rink, menyatakan bahwa mengambil foto selfie beramai-ramai atau secara grup bisa membuat kutu rambut tersebar. Bagaimana bisa?

Kutu memang tak bisa melakukan lompatan, oleh sebab itu remaja bisa terkena kutu jika menggunakan aksesoris rambut atau topi yang sama. Beda dengan sekarang, kutu bisa pindah dengan mudah ketika berselfie ria. Keberadaan fenomena yang disebut sebagai kutu ‘selfie’ ini juga dibenarkan oleh pernyataan Marcy McQuillan, seorang ahli perawatan kutu di California. Wanita ini menyatakan bahwa seiring dengan peningkatan tren selfie jumlah pasien dari kutu selfie ini juga ikut meningkat di kalangan remaja.

Bagian parahnya adalah fenomena itu juga diduga kuat membuat kutu lebih sering beradaptasi dan membangun kekebalan terhadap obat pembasmi kutu. Peningkatan kekebalan itu juga ditemukan di 25 negara bagian Amerika. Mutasi kutu juga membuat serangga yang satu ini kebal terhadap insektisida pyrethroid dan juga permethrin yang sering dipakai di dalam obat anti kutu. Karena seringnya mereka mendapatkan perawatan menggunakan obat tersebut. Ini jadi cukup menakutkan bukan? Mengingat tak ada orang yang suka dengan keberadaan kutu. Selain mengganggu ini juga bisa menurunkan tingkat percaya diri seseorang ketika berada di dekat banyak orang.

Namun hal ini tentu saja tak lantas membuat orang dilarang untuk berselfie ria. Pastikan saja bahwa orang yang diajak berselfie itu orang yang bebas kutu. Atau jangan terlalu dekat menempelkan bagian kepala ke kepala orang lain saat berfoto. Selain menghindari terjangkit kutu selfie, jangan sampai juga kita yang sebenarnya punya kutu dan malah bisa menjangkiti orang lain gara-gara mengajaknya selfie.

Usahakan untuk menjaga kebersihan rambut dari kutu ya jika memang hobi berselfie bersama kawan-kawan yang lain. Kan nggak lucu kalau kutuan gara-gara selfie.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY