Khasiat Dari Kencur

Khasiat Dari Kencur

251
0
SHARE

Tidakkah Anda merasa bosan dengan berbagai jenis obat yang harus dikonsumsi? Selain menawarkan penyembuhan, obat-obatan itu tentu saja memiliki resiko bagi tubuh kita. Begitu pula dengan anak-anak kita, ada baiknya kita menjaga kesehatan dengan cara-cara alami yang tidak kalah efektif dengan obat-obatan kimia.

Negara Indonesia memiliki berbagai macam tumbuhan herbal dan mudah didapat. Tidak ada salahnya kita memanfaatkan hasil alam untuk menjaga stamina kita sehari-hari.

Kencur, berasal dari keluarga temu-temuan ini memang banyak manfaatnya di balik ukurannya yang kecil. Kandungan dalam kencur adalah Pati (4,14 %) Mineral (13,73 %) Minyak-minyak atsiri (0,02 %), berupa Sineol, Asam metil kanil dan penta dekaan, Asam sinamat, Etil ester, Borneol, Kamphene, Paraeumarin, Asam anisat Alkaloid dan juga gom.

Dengan banyaknya zat yang dikandung maka kencur dapat digunakan sebagai obat. Salah satunya adalah zat aktif etil apara metoksi sinamat, yang berkhasiat sebagai obat batuk alami.

Cara paling mujarab untuk mengambil manfaat kencur adalah dengan mengunyahnya. Namun, tidak semua orang kuat dengan rasa getir yang terdapat pada kencur. Hal ini dapat disiasati dengan cara pengolahannya. Selain dalam bentuk jamu beras kencur yang sering dijumpai ada cara lain yang dapat dilakukan.

Untuk obat batuk alami dapat kita gunakan cara sederhana seperti berikut,Kupas kencur sebanyak satu rimpang, keprek lalu masuk ke dalam gelas tambahkan air mendidih secukupnya, diamkan hingga kencur menyatu dengan air. Dapat ditambah dengan gula batu/pasir. Saring dan sajikan.Cara ini bisa juga diminum oleh anak-anak.

Kencur juga bisa digunakan sebagai pengobatan radang lambung. Caranya, parut tiga buah rimpang kencur, peras, buang ampasnya kemudian minum dengan campurkan dengan sedikit air hangat dan juga madu.

Perasan air kencur ditambah yang ditambah madu juga dapat digunakan sebagai penghilang rasa lelah. Menjaga kesehatan jauh lebih baik dari pada mengobati. Minumlah pagi dan sore hari secara rutin agar tubuh Anda selalu sehat dan bugar.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY