Cara Bijak Menggunakan Media Sosial

Cara Bijak Menggunakan Media Sosial

235
0
SHARE

1

Zaman gila. Pasti sering kita mendengar kata itu. Arus informasi sudah tak lagi terbendung, segala sesuatu mudah didapatkan melalui berbagai macam media sosial. Akan tetapi tidak sedikit yang mengalami dampak negatif dari perkembangan ini.

Kendalikan media sosial dalam genggaman. Jangan sampai ada pihak yang tersakiti saat Anda menggunakannya. Ada pun manfaat dari media sosial,

1. Menyambung tali silahturahmi.

Dengan pesatnya perkembangan zaman kali ini, sangat mudah untuk menanyakan kabar walau pun terpisah lautan dan selat.

2. Corat coret

Banyak sekali hal yang terkadang tidak bisa diucapkan dengan lisan, dengan adanya sosial media orang dapat melakukan corat coret sebagai ungkapan ekspresi.

3. Sarana Hiburan

Tidak kalah dengan media televisi, sosial media pun dapat menjadi alternatif untuk mendapatkan hiburan, mulai dari tulisan-tulisan motivasi, gambar bahkan video.

4. Tempat Menyalurkan Hobi

Media sosial seperti facebook, memiliki berbagai macam komunitas yang terkumpul dalam sebuah grup. Grup-grup tersebut berorientasi pada minat dan hobi yang sama, bisa saja sebagai hoby menulis, memasak, menjahit atau yang lainnya.

5. Mendapatkan Berbagai Informasi

Cukup dengan membuka smartphone, maka segala jenis informasi akan segera didapatkan.

6. Sarana Berbagi

Berbagi itu mudah, mulai dari berbagi informasi, sampai berbagi rejeki melalui sosial media.

7. Menjalankan Bisnis

Berbisnis semakin mudah dan luas dengan adanya media sosial sebagai sarana. Banyak toko-toko on line yang sukses melalui promosi yang dilakukan di media sosial.

Meski media sosial memiliki banyak manfaat, sebaiknya tetap berhati-hati di dalamnya. Jangan menyebarkan data-data pribadi di sana, karena akan memberi peluang untuk tindak kejahatan.

Jangan membuat konten yang menyakiti orang lain, entah itu berupa tulisan, gambar atau juga video. Jangan pula menyebarkan konten yang mengandung penghinaan, SARA, Pornografi, atau melakukan penipuan karena telah ada UU ITE yang dapat menjerat dan menyeret ke ranah hukum.

Bijaksana dalam bersikap baik di dunia nyata atau pun di dunia maya. Berhati-hati dalam segala urusan itu jauh lebih baik untuk menjaga diri sendiri.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY