Cita Rasa Khas Yang Tidak Terlupakan

Cita Rasa Khas Yang Tidak Terlupakan

226
0
SHARE

1

Negara Indonesia yang terdiri dari banyak suku dan daerah mememiliki poin tersendiri. Hal ini membuat Indonesia mempunyai berbagai macam budaya, kesenian dan juga cita rasa masakan yang khas di lidah serta tidak akan terlupakan tersaingi oleh cita rasa masakan di negara lain. Aneka cita rasa masakan itu berasal dari bumbu yang sudah diolah atau juga rempah-rempah asli dari Indonesia .

1. Pedas

Rasa pedas yang berasal dari cabai petani Indonesia ini memiliki level yang berbeda. Dari level terendah hingga level terpedas. Cabai hiyung adalah salah satu cabai yang dibudidayakan oleh petani cabai di daerah Tapin, Kalimantan Selatan. Hampir semua masakan untuk lauk pauk di Indonesi ini menggunakan bumbu cabai sehingga rasa pedas sudah sangat akrab pada lidah pecinta kuliner Indonesia.

2. Gurih Terasi

Bumbu masak yang satu ini benar-benar memiliki cita rasa unik dan sulit dilupakan. Dibuat dari fermentasi udah rebon lalu dibentuk kotak atau pun bulat banyak sekali diminati oleh warga Indonesia. Terasi biasa digunakan untuk membuat sambal, nasi goreng dan juga penyedap pada kuah sayur-sayuran dan asinan buah dengan takaran yang pas maka makanan akan tersa sangat lezat.

3. Lemak Santan

Perasan yang dihasilkan dari parutan santan dan air ini memberikan rasa lemak yang gurih. Lemak santan ini banyak digemari, biasa digunakan untuk membuat kue basah, berbagai masakan lauk pauk dan sayuran bahkan untuk hindangan pencuci mulut. Jika ingin merasakan lezatnya masakan dengan santan ini tidak ada salahnya mampir ke provinsi Sumatera.

4. Petis

Tidak jauh berbeda dengan terasi, petis dibuat dari campuran sari udang dan ikan-ikan laut. Bumbu ini khas di daerah jawa timur. Banyak makanan yang dapat diolah dengan petis seperti sambal, lontong atau pun tahu campur.

Cita rasa di atas telah dikenal oleh dunia mancanegara, karena cita rasa yang berbeda dapat membuat kita selalu teringat akan sebuah makanan, tempat atau juga sebuah kejadian.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY