1

Hewan ternak yang satu ini memiliki peluang yang sangat baik jika ditekuni. Karena kebutuhan daging kambing setiap tahunnya akan bertambah, terutama bila menjelang hari raya Idul Adha. Berbagai jenis kambing yang bisa dibududayakan di Indonesia,

1. Kambing Etawa

Kambing penghasil susu yang biasanya memiliki tinggi 90-127 cmdengan bobot tubuh kisaran 91 kg. Kambing Etawa memiliki telinga yang panjang dan terkula, dahinya cembung begitu pula dengan hidungnya dan memiliki tanduk yang pendek. Kambing Etawa banyak dikembangbiakan di Indonesia, susu kambing yang dihasilkan mencapai 3 liter per hari, saat ini makin banyak peminatnya begitu pula dengan dagingnya.

2. Kambing Boer

Berasal dari Afrika selatan dan telah ter-registrasi kurang lebih selama 65 tahun ini termasuk memiliki pertumbuhan yang sangat cepat. Memiliki berat 35-45 kg saat usia yang mencapai lima bulan dan memiliki pertambahan berat sekitar 0,02 sampai 0,04 setiap harinya. Dan biasanya pada usia 2 atau tiga tahun kambing jenis sekitar 120 sampai 150 kg untuk jantan dan 80 hingga 90 kg untuk kambing betina.

3. Kambing Jawarandu

Bisa juga disebut dengan Bigon< Gumbolo atau Koplo, kambing hasil persilangan antar kambing etawa dan kambing kacang ini cenderung memiliki ciri fisik seperti kambin kacang. Kambing jawarandu dikembangkan untuk menghasilkan susu yang dapat diambil sekitar 1,5 liter setiap harinya. Kambing ini memiliki tubuh yang lebih kecil dari kambing etawa dan biasanya berbobot 40kg lebih pada saat dewasa.

4. Kambing Kacang

Kambing kacang ini adalah salah satu jenis ras yang diunggulkan karena memiliki kekuatan reproduksi yang tinggi, kambing kacang memiliki kepala kecil begitu pula dengan tubuhnya, bulunya pendek dan telinganya tegak. Pada umumnya berwarna coklat, hitam, putih atau kombinasi dari ketiga warna tersebut. Tingginya sekitar 60 sampai 65 cm dengan berat sekitar 30kg.

Setelah membaca sekilas tentang kambing, apakah ada niat untuk membudidayakannya? Bila dijalani dengan serius dan sabar, bidang ini memiliki prospek keuangan yang sangat menjanjikan.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY