Sosok Ayah Yang Dirindukan

Sosok Ayah Yang Dirindukan

265
0
SHARE

1

Sosok ayah sangat lah diperlukan dalam sebuah keluarga.Baik itu untuk istri atau pun untuk anak-anaknya.Apakah kehadiran seorang ayah cukup terwakili hanya dengan kehadiran materi yang diberikan?Tentu sajati tidak.Seorang ayah adalah nahkoda untuk kapal pesiar rumah tangga dilautan kehidupan.Segala keputusan dan kebijaksanaannya sangatlah diperlukan,kehangatan dan juga ketegasannya dan menentukan arah baik atau tidak nya tujuan yang akan dicapai.

Sebagai pemegang amanah penuh terhadap keluarga,maka sangat lah perlu tanggung jawab yang penuh keikhlasan dalam menjalaninya.Untuk itu cobalah cek apakah karakter berikut ada dalam sosok ayah dirumah.

1. Memberikan kasih sayang

Setiap orang pasti ingin dikasihi dan disayangi,begitu pun dengan anggota keluarga dirumah.Baik istri atau pun anak-anak.Pastikan saat sampai ke rumah tidak membawa masalah pekerjaan yang dapat membuat diri kesal,karena itu akan berpengaruh pada mood diri sendiri dan juga anggota keluarga.

2. Memberikan contoh yang baik

Ayah tidak ubah lah seperti publik figur di dalam rumah.Semua tingkah laku dan sikap nya dilihat dan akan ditiru oleh anak.Pastikan sikap yang ditunjukan itu baik dan bersahabat pada semua anggota keluarga.

3. Menjaga lisan

Anak dan istri memiliki perasaan yang sensitif.Perhatikan lisan agar tidak terucap kata-kata kasar atau pun ucapan-ucapan sinis yang dapat merusak keadaan.

4. Tegas

Tegas bukan berarti kasar.Juga bukan berarti memiliki sikap yang mudah diremehkan oleh anggota keluarga.Jika ada anggota keluarga yang melakukan kesalahan berilah peringatan.

5. Membantu tugas

Jika memang ada waktu luang,tidak ada salahnya sesekali ikut membantu pekerjaan rumah tangga yang kerap dilakukan istri atau pun ikut membantu saat anak-anak mengerjakan tugas sekolahnya.

6. Melindungi

Sosok ayah adalah pelindung bagi keluarga.Pastikan keluarga dirumah mendapatkan perlindungan yang tepat.

7. Bertanggungjawab

Inti dari semuanya adalah,jadilah seorang ayah yang bertanggung jawab pada keluarga.Baik itu secara lahir atau pun batin.Karena sekali lagi,keluarga adalah sebuah amanah yang harus dijalankan dan akan dimintai pertanggung jawaban di dunia atau pun akhirat.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY