Hilangnya Hikayat Budaya

Hilangnya Hikayat Budaya

176
0
SHARE

1

Indonesia merupakan negara yang memiliki suku bangsa yang beragam. Dalam hal ini tentu saja Indonesia memiliki banyak budaya, dalam kesempatan kali ini mari sepintas kita mengulik perkembangan dari hikayat budaya Indonesia.
Sudah banyak yang mengetahui bahwa secara gamblang hikayat budayasudah mulai terkikis, penyampaian tentang hikayat budaya ini hampir tidak ada lagi.

Perkembangan teknologi malah membuat hikayat budaya tidak berkembang, karena sedikitnya artikel yang memuat tentang hikayat budaya itu sendiri, atau bahkan artikel-artikel yang dimuat itu tidak berhasil menyita perhatian pembaca.
Hikayat adalah sebuah karya sastra yang berisi sebuah cerita yang dapat membangkitkan semangat berjuang dan juga penghilang duka lara. Beberapa hikayat yang dimiliki oleh Indonesia,

1. Hikayat Hang Tuah

Tuah memiliki arti yaitu selamat atau bahagia. Hang Tuah adalah seorang laksamana yang berarti seorang perwira yang memiliki keutamaan berupa tanda kebesaran. Hikayat ini menceritakan tentang kesetiaan seorang perwira kepada Sang Sri Sultan, hikayat ini bercerita tentang wlaiyah Malaka pada abad ke – 14 Masehi.

2. Hikayat Sri Rama

Hikayat yang di adaptasi dari kisah Ramayana ini memberikan tema perjuangan yang sangat mengesankan. Karya sastra yang berasal dari bahasasansekerta ini menjadi salah satu hikayat melayu yang penuh makna. Hikayat ini mengalami adaptasi yang berbeda dari berbagai negara di sekitar kawasa Asia Negara.

3. Hikayat Amir Hamzah

Hikayat populer ini berasal dari kawasan Timur Tengah, lalu masuk ke tanah Jawa dan diadaptasi sesuai dengan kebudayaan adat jawa. Tokoh Amir Hamzah dalam hikayat ini biasa disebut dengan Wong Agung Menak atau Wong Agung Jayenglono. Hikayat ini menceritaka sebuah pertempuran antara menantu dan mertuanya yang masih dalam keadaan kafir. Hikayat ini diwarnai intrik-intrik yang penuh kelicikan serta fitnah dari seorang tokoh yang merupakan Patih dari Kerajaan Madayin, yaitu Patih Bestak.

Masih banyak hikayat-hikayat lain yang belum dijabarkan di sini, jika Anda seorang penulis tidak ada salahnya menyampaikan hikayat-hikayat lama dalam tulisan Anda.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY