1

Indonesia memiliki berbagai macam sejarah dalam kehidupannya. Nusantara ini terdiri dari beberapa provinsi yang dulunya terdiri dari wilayah Kesultanan dan juga Kerajaan.

Kesultanan dan Kerajaan itu bersedia bersatu dengan sukarela atau pun tunduk karena peperangan antar kerajaan yang lebih besar. Beberapa Kesultanan dan Kerajaan yang pernah berdiri di Indonesia:

1. Kesultanan Samudera Pasai

Berdiri di daerah Aceh dengan raja pertama Sultan Mailk al-Saleh. Kesultanan ini maju di bidang perdagangan dan juga telah melakukan politik ekspansi. Kesultanan ini mengalami kejatuhan karena adanya perebutan kekuasaan yang menimbulkan kekacauan. Kesultanan Samudera Pasai adalah kerajaan Islam pertama dan juga menjadi pintu gerbang jalur perdagangan internasional antara China dan India. Kerajaan itu menggunakan mata uang yang bernama deureuham yang terbuah dari emas.

2. Kesultanan Pajang

Terletak di daerah Demak di pimpin oleh Adiwijaya atau yang lebih dikenal dengan Jaka Tingkir. Masa kejayaan kerajaan ini karena adalah di mana kerajaan ini memiliki masa yang damai dan tentram. Kesultanan Pajang berakhir karena tampuk kekuasaan yang akhirnya diserah kepada kerajaan Mataram oleh salah seorang Pangerangnya yang bernama Pangeran Benawa.

3. Kesultanan Cirebon

Terletak di daerah Cirebon Jawa Barat, Dipimpin oleh Sultan Syarif Hidayatullah atau biasa dikenal dengan sebutan Sunan Gunung Jati yang mengalami kemajuan dalam bidang ekonomi. Kemunduran kerajaan ini disebabkan karean terjadi perpecahan di dalam keluarga kerajaan yang menjadi dua bagian yaitu Kasepuha dan Kanoman.

4. Kesulatanan Gowa-Tallo

Terletak di daerah Makasar Sulawesi Selatan, dipimpin Sultan Alauddin. Kemajuan kerajaan ini berada pada pimpinan Sultan Muhammad Said dan Sultan Hasanuddin yang berhasil membawa Makassar menjadi maju dan pesat dalam bidang perdagangan.Kerajaan ini mengalami kemunduran karena kehadiran Belanda yang memaksakan sistem perdagangan monopoli dan juga ingin menguasai Perairan Nusantara.

5. Kesultanan Ternate

Terletak di Maluku, dipimpin oleh Sultan Zainal Abidin, puncak kejayaan kerajaan ini terjadi pada masa pimpinan Sultan Baabullah karena berhasil mengusir Portugis dan meraih kemerdekaan. Kemunduran kerajaan ini karena terjadi peperangan dengan Portugis, bangsa Portugis berhasil meminta pertolongan dari Spanyol dan juga VOC yang ingin menguasai Nusantara.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY