Jangan Remehkan Sakit Kepala

Jangan Remehkan Sakit Kepala

159
0
SHARE

1

Sakit kepala memang terasa sangat menyiksa, jangan dianggap sepele atau pun diremehkan. Lakukan pemeriksaan, diagnosa dan juga pengobatan dengann dengan tepat. International Headache Society pada tahun 2007 sepakat mengelompokjan sakit kepala menjadi tiga jenis kategori yaitu, sakit kepala primer, sekunder dan juga sakit kepala saraf kranial.

Saraf kranial sangat berpotensi mengalami gangguan, dan itu dapat mengakibatkan serangan sakit kepala yang hebat. Salah satu dari jenis gangguan pada saraf kranial adalah Neuralgia Trigeminal, gangguan ini memberikan rasa sakit yang luar biasa langsung menuju otak. Seseorang yang terserang gangguan ini akan merasakan serangan nyeri yang sangat hebat dan tajam dalam beberapa detik bahkan menit. Gangguan ini sering terjadi pada penderita usia dewasa dan beberapa usia lanjut.

Gejala yang timbulkan dapat berupa rasa nyeri yang terjadi secara spontan, dapat juga terjadi jika ada sentuhan pada satu titik yang menjadi pemicu, misalnya pada saat mengunyah atau pung pada saat menggosok gigi. Serangan dapat berulang pada wajah bagian bawah, seperti pipi, rahang atau pun daerah rahang. Rasa nyeri ini dapat terjadi hinga 100 kali per hari, dan lama kelamaan dapat menyebabkan kelumpuhan pada bagian yang terserang.

Bila rasa nyeri yang sering terjadi itu masih berada pada level ringan, maka rsa nyeri itu dapat dihilangkan cukup dengan penghilang rasa nyeri. Pada beberapa kasus pengobatan memberikan obat anti kejang yang bertujuan untuk menstabilka sistem kerja selaput saraf. Ada juga yang diberikan obat anti depresi. Rasa nyeri ini dapat terjadi kapan saja.

Jika rasa nyeri tidak hilang setelah pemberian obat, maka tidak menutup kemungkinan akan dilakukan pembedahan untuk memeriksa dan memisahkan arteri dari saraf yang berguna untuk menghilangkan rasa sakit, karena neuralgia trigeminal ini terjadi karena adanya penekanan arteri pada saraf yang terletak di dekat otak.
Dan hal terakhir yang dapat dilakukan adalah melakukan penyuntikan atau pemotongan pada saraf yang terasa sakit, tapi hal ini akan memberikan efek rasa yang tidak nyaman pada wajah.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY