1

Pernahkah Anda merasakan sakit kepala? Jika rasa sakit ini menyerang, maka secara otomatis semua aktifitas akan terganggu. Berbagai jenis sakit kepala harus diatasi dengan segera, untujk mempermudah pengobatan kenalilah sakit kepala berdasarkan gejalanya.

Berdasarkan kesepakatan International Headache Society pada tahun 2007 sakit kepala diklasifikasikan sebagai berikut. Sakit kepala primer, sekunder dan sakit kepala nyeri kranial.

Sakit kepala primer

Secara sekilas mari secara sekilas kita kenali sakit kepala primer ini. Mungkin termasuk beberapa jenis sakit kepala yaitu, sakit kepala tension, cluster dan migrain.

1. Tension

Penderita sakit kepala tension biasanya mengalami gejala seperti sering merasakan sakit di bagian belakang kepala dan bagian leher atas. Biasanya ada rasa yang mendesak keluar atau pun seperti rasa tertekan. Walau begitu rasa sakitnya biasany censerung ringan dan tidak melumpuhkan tetapi rasanya mempengaruhi dua sisi kepala. Sering merasa mual, muntah, sensitif pada cahaya. Penderita tetap bisa melakukan aktifitas seperti biasa, sakit kepala ini jarang menyerang dan tidak dapat diketahui kapan datangnya karena tidak memilik pola.

2. Cluster

Sakit kepala jenis ini sangat jarang sekali menyerang para penderti sakit kepala. Tapi biasanya menyerang lelaki dengan kisaran usia dua puluhan, kadang juga menyerang wanita dan anak-anak. Sakit kepala ini adalah sakit kepala yang datangnya secara berkelompok waktu, bisa berdasarkan jarak waktu penyerang rasa sakit yaitu mingguan, bulanan atau pun tahunan.

3. Migrain

Sakit kepala migrain ini adalah salah satu jenis sakit kepala yang paling banyak meyerang masyarakat. Migrain dapat menyerang orang dewasa, masa pubertas remaja, pria atau pun wanita. Sakit kepala migrain ini ditandai dengan berdenyut yang hebat da salah satu sisi kepala yang disertai mual, muntah, dan sensitif pada cahaya. Migrain dapat memberikan rasa sakit dalam jangka waktu yang cukup lama, hal ini mengakibatkan penderita memilih berada terus di tempat yang gelap dan tenang dalam keadaan berbaring. Ada beberapa kasus migrain yang didahului dengan gangguan pada penglihatan.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY