1

Mungkin kamu sering mendengar istilah phobia, atau salah satu penderita phobia? Memang apa sih phobia itu? Phobia adalah rasa takut yang berlebihan, berbeda dengan rasa takut yang datang secara alami pada diri sendiri yang bisa membuat kamu melakukan perlindungan diri secara spontan. Phobia ini adalah rasa takut yang mengakibatkan diri menjadi lemah atau juga kalang kabut. Phobia ini memiliki kategori yang berbeda-beda, berdasarkan sesuatu yang ditakuti pengidapnya sendiri.

Seiring dengan perkembangan zaman, rasa takut yang berlebihan ini pun ikut menghantui para anak-anak muda. Rasa takut yang berlebihan itu bernama nomophobia. Yaitu rasa takut yang berasal dari ketergantungan terhadap pengunaan internet pada smartphone. Hal ini bisa berasal dari berbagai sebab, misalnya tidak adanya jaringan smartphone, baterai mati, atau pun smartphone miliknya tertinggal di rumah.

Anak-anak muda yang kekinian menganggap smartphone adalah dunianya. Mereka bisa melakukan segala aktifitas dan perjalan di dunia maya bahkan dapat menjadi orang lain di sana. Hal ini tentu saja membutuhkan akses internet yang mencukupi, jika akses internet yang dimiliki konektifitasnya lambat atau hilang sama sekali bukan tidak mungkin hal ini menyebabkan penderita nomophobia panik bahkan melakukan hal-hal aneh di luar kebiasaan.

Penderita nomophobia bukan tidak mungkin melupakan dunia nyata mereka, tidak sedikit dari mereka yang menarik diri dari lingkungan, mengurung diri dalam kamar dan asik dengan smartphone di tangannya. Hal ini dapat termasuk dalam katagori penyakit kejiwaan yang sama halnya dengan kecanduan seks atau pun kecanduan judi.

Nomophia yang menyerang pada anak-anak ini tidak bisa diabaikan begitu saja, beberapa negara telah mengeluarkan kebijakan tentang penggunaan smartphone terutama untuk anak-anak, termasuk melarang pengunaan game internet pada malam hari.

Sekarang cobalah cek apakah kamu memiliki tiga hal ini?Jika iya sebaiknya kamu waspada.

1.Melihat layar smartphone terus menerus.

2.Panik saat tahu smartphone tidak terbawa.

3.Bangun tengah malam hanya untuk melihat notifikasi di smarthone kamu.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY