1

Menulis adalah kegiatan yang menyenangkan, dengan menulis seseorang dapat melepaskan penat, menyalurkan hobi bahkan dapatmendapatkan penghasilan. Untuk seseorang yang baru saja menekuni kegiatan menulis tentu saja akan sering menghadapi berbagai macam kendala.

Yang paling sering menjadi alasan orang itu berhenti menulis, kendala itu adalan kesulitan mendapatkan ide. Padahal segala sesuatu yang ada di sekeliling kita dapat dijadikan ide untuk menghasilkan sebuah tulisan. Inilah beberapa hal yang mungkin dapat jadi pertimbangan saat kebuntuan menghambat aktifitas menulis Anda.

1. Rajin membaca.

Sering-seringlah membaca, entah itu sebuah artikel, fiksi atau pun non fiksi, karena dengan rajin membaca, perpustakaan ide Anda akan bertambah secara otomatis.

2. Mendengarkan Syair Lagu

Lagu-lagu yang terdengar juga dapat menghasilkan ide menulis bagi Anda. Perhatikan setiap baitnya atau juga isi dari keseluruhan lagu.

3. Memandangi Gambar

Sebuah gambar bisa saja berbentuk foto atau lukisan dapat menceritakan sebuah kjisah yang berbeda bagi setiap orang yang melihatnya. Jika ada gambar yang menarik, perhatikanlah secara seksama, biarkan imajinasi Anda menjelajah, memasuki setiap ruang dalam gambar yang dilihat.

4. Menggali Memori

Setiap orang punya pengalaman, baik, buruk, menyakitkan atau juga menyenangkan. Galilah ingatan Anda, ingat-ingat hal apa yang pernah terjadi lalu tuangkan dalam sebuah tulisan.

5. Kata Kunci

Ambillah sebuah pensil dan kertas, tulis sebuah kata yang terlintas dalam otak Anda. Setelah itu kembangkanlah kata-kata lain yang berhubungan dengan cara membuat anak panah. Lihatlah kata-kata yang telah Anda buat, kemudian rangkailah menjadi sebuah tulisan yang unik.

6. Peka Terhadap Lingkungan

Lingkungan tempat Anda tinggal adalah sumber ide yang tidak terbatas, banyak kejadian yang dapat diabadikan melalui sebuah tulisan.

7. Makanan & Minuman Favorit

Jangan sepelekan masalah perut Anda, percaya atau tidak, sebuah makanan dan minuman dapat memancing Anda mendapatkan sebuah ide tulisan.

8. Mendengarkan Curhatan Teman

Jadilah teman yang baik, dengarkan segala curahan hati teman Anda. Karena suatu saat hal itu akan berguna untuk kebutuhan menulis Anda.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY