Plus Minus Mengkonsumsi Kerang Hijau

Plus Minus Mengkonsumsi Kerang Hijau

357
0
SHARE

1

Kerang hijau adalah salah satu jenis makanan seafood yang memiliki banyak penggemar. Selain rasanya yang enak, kerang hijau pun memiliki kandungan nutrisi yang tinggi seperti protein asam amino, kalori, dan beberapa sumber mineral lain. Namun, tidak sedikit pula yang mengatakan bahwa kerang hijau memiliki nbanyak resiko bagi para penggemarnya.

Kerang hijau di Teluk Jakarta rentanmengandung banyak polusi, karena keadaan air laut sekitar Jakarta telah banyak terkontaminasi limbah yang tidak dapat di bendung lagi. Kerang hijau adalah salah satu binatang yang mampu menyerap limbah dari air laut secara cepat. Seperti kandungan logam berat, merkuri dan juga arsen. Jika penggemar kerang hijau terlalu banyak mengkonsumsinya dapat meengakibatkan kepala akan terasa pusing. Begitu pula dengan ibu hamil, sebaiknya tidak mengkonsumsi seafood yang satu ini.

Kerang hijau dikatakan memiliki banyak bakteri seperti sarmonela, typus, kholera dan juga disentri. Bakteri itu dihisap melalui air tempat ia hidup seperti Teluk Jakarta, untuk kerang hijau itu sendiri, hal itu tidak memberikan efek bagi tubuhnya, hingga ia dapat tetap bertahan hidup dalam air laut yang memiliki banyak limbah sekali pun.

Kandungan limbah yang terdapat dalam kerang hijau tidak dapat hilang hanya dengan di rendam sebelum pengolahan bahkan dengan direbusnya kerang hijau tersebut. Tentu saja limbah-limbah itu tetap mengendap di tubuhnya hingga masuk ke pencernaaan kita.Jika tetap ingin mengkonsumsi kerang hijau, perhatikanlah hal berikut,

1.Janganlah mengkonsumsi kerang hijau terlalu banyak dan terlalu sering, karena jumlah logam yang terdapat pada kerang hijau dapat berpindah ke tubuh kita dan akan mengendap dalam jangka waktu yang lama.

2.Usahakan jauhi kerang hijau bagi ibu hamil atau pun penderita alergi pada seafood.

3.Pastikan juga bahwa kerang hijau yang dimakan berasal dari tempat penangkaran atau habitat yang jauh dari kontaminasi limbah-limbah industri.

Kesehatan tubuh kita juga berasaldari bahan makanan yang kita konsumsi. Dan, menjaga kesehatan jelas lebih baik dari pada mengobati.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY