1

Kesibukan seorang ibu terkadang dapat menimbulkan jarak pada buah hati, ketika ibu telah merasa lelah, tak jarang lalai memerhatikan perkembangan anak-anaknya. Anak di bawah usia sembilan tahun memiliki perhatian yang lebih banyak dari seorang ibu, masa-masa usia ini pun sangat berguna untuk menanamkan ikatan batin yang kuat pada ibu dan anak.Sempatkanlah membacakan dongeng untuk mengantarkan anak-anak tidur, atau pada saat senggang lainnya.

Salah satu cara efektif untuk mendekatkan diri ibu pada anak-anak adalah dengan membacakan sebuah dongeng. Jangan beranggapan bahwa dongeng adalah hal yang tidak berguna untuk disampaikan. Dongeng anak memiliki nilai edukasi yang sangat tinggi, dalam cerita dongeng ada budi pekerti yang ditanamkan dan juga akibat yang dapat memberikan peringatan pada anak jika tidak memiliki budi yang luhur.Beberapa dongeng yang dapat menjadi rujukan untuk disampaikan pada anak adalah:

1. Kisah Bawang Merah dan Bawang Putih

Kisah ini pernah diangkat dalam sebuah sinetron, tapi tentu saja sudah diadaptasi sesuai perkembangan zaman. Kisah Bawang Merah dan Bawang Putih ini menceritakan kisah dua orang kakak beradik perempuan, mereka merupakan saudara tiri dan memiliki sifat yang jauh berbeda. Dalam kisah ini Bawang putih memiliki sifat yang sangat baik dan dapat disarankan agar anak-anak menirunya, sedangkan Bawang Merah memiliki sifat jelek yang harus dijauhi oleh anak-anak karena pada akhirnya akan berakhir buruk.

2. Malin Kundang Anak Durhaka

Sebuah kisah yang sangat melegenda, kisah ini menjadi latar belakng sebuah batu yang terdapat di daerah Sumatera. Kisah ini menceritakan tentang sikap seorang anak yang telah berani melupakan ibu kandungnya saat ia telah sukses di tanah rantau. Melihaat sikap anaknya yang seperti itu sang ibu pun marah dan mengutuknya menjadi batu.

3. Dongeng Keong Mas

Dongeng dari Tanah Jawa ini dapat juga disampaikan pada anak. Dongeng ini dapat memberikan pesan tentang menjalani hidup dengan penuh kesabaran. Dan kesabaran tentu saja akan menjadikan anak tegar dalam bila menghadapi kesulitan dalam hidup.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY