1

Belut adalah hewan yang masuk dalam golongan ikan walau pun memiliki bentuk yang mirip dengan ular. Belut memiliki ukuran yang bermacam-macam, sering terdapat di sawah dan rawa, hidupnya bersembunyi di dalam lumpur. Seperti kebanyakan ikan, belut pun memiliki kandungan gizi yang tinggi.

Kandungan protein pada belut sangatlah tinggi, begitu pula dengan vitamin dan mineral yang dimilikinya. Selain itu, belut yang masih hidup di habitatnya dapat menjadi semacam alat pendeteksi apabila terjadi pencemaran lingkungan pada air tempatnya hidup.

Beberapa kandungan yang terdapat dalam tubuh belut adalah, Fosfor. Zat fosfor dapat membantu menguatkan tulang dan juga meminimalisir terjadinya pengeroposan tulang pada usia senja. Untuk itu manusia membutuhkan kandungan fosfor yang cukup.

Zat Besi. Wanita cenderung memiliki potensi menderita anemia, untuk itu diperlukan mengkonsumsi zat besi yang dapat mempengaruhi pembentukan hemaglobin sehingga dapat membantu melancarkan oksigen yang akan diantarkan oleh darah ke seluruh tubuh.

Kalori. Kandungan kalori yang terdapat dalam belut pun cukup tinggi. Kalori yang dimiliki belut dapat menemani manusia dalam melakukan aktifitasnya sehari-hari.

Vitamin. Vitamin yang dimilki oleh belut dapat bermanfaat untuk mata, perkembangan pembentukan protein dan hormon serta membantu menormalkan tekanan darah pada otak.

Arginin. Arginin dapat membantu tubuh melakukan penghambatan tumbuhnya sel kanker dalam tubuh. Mengkonsumsi belut dapat mencegah penyakit kanker pada tubuh. Selain itu dapat juga membantu menjaga kesehatan jantung dan penyempitan pembuluh darah.

Belut dapat diolah menjadi berbagai macam makanan, mulai dari lauk pauk, bisa juga diolah menjadi abon atau pun dikeringkan lalu digoreng dan di campur dengan bumbu balado. Inovasi dalam olahan beragai hidangan belut berhasil mendapatkan tempat di pasar masyarakat. Selain itu olahan belut pn mendapatkan tempat di pasar mancaneegara karena rasanya yang unik.

Tapi selain bermanfaat, daging belut pun memiliki efek samping, yaitu kolesterol. Jadi untuk penderita kolesterol sebaiknya tidak mengkonsumsi belut. Jika memang diperlukan belut dapat disajikan dengan cara di panggang.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY