1

Mata adalah salah satu amanah yang harus dijaga. Mata sangatlah dibutuhkan, selain sebagai indera penglihatan, mata juga merupakan salah satu penunjang penampilan. Untuk itu menjaga kesehatan mata adalah kewajiban manusia sebagai salah satu wujud rasa syukur terhadap Sang Maha Pencipta.

Berbagai penyakit mengintai kesehatan mata. Seiring dengan berbagai kegiatan yang manusia lakukan. bagi seseorang yang gemar membaca, bermain game atau juga sering berada di depan layar komputer maka akan rentan sekali terhadap penyaki Miopi atau rabun jauh. Selaiin itu ada juga penyakit hipermetropi yang biasa diseut rabun dekat, dan masih banyk penyakit mata lainnya. Untuk itu ada beberapa hal yang sangat perlu diperhatikan untuk menjaga kesehatan mata, seperti melakukan langkah-langkah segai berikut:

1.Melihat riwayat kesehatan mata keluarga.

Sesekali sempatkanlah beberbicara pada kedua orang tua untuk masalah ini. apakah ada riwayat keluarga yang mengidap penyakit mata tertentu. Hal ini penting untuk mengetahui resiko dan juga cara menganggulanginya pada mata sendiri.

2.Menjaga jarak pandang

Pastikan saat sedang menghadap layar komputer, televisi atau pun gadget Anda berada dalam posisi jarak yang aman sekitar 30 cm. Karena paparan sinarnya dapat memberikan resiko pada mata.

3.Jangan sering mengucek

Kebiasaan yang satu ini terkadang tidak disadari, sebaiknya hindari, kalau pun bisa dihilangkan. Karena dapat berpotensi merusak jaringan mata.

4.Istirahat yang cukup

Mata Anda bukanlah robot. Mata pun memiliki hak dan juga kewajiban. Jika mata sudah melakukan tugasnya dengan baik sepanjang hari, tunaikanlah hak mata pada saat malam hari atau pu pada saat yang diperlukan.

5.Konsumsi makanan bervitamin

Perhatikan asupan gizi yang dikonsumsi, usahakan makan makanan yang mengandung vitamin A dan juga yang mengandung betakaroten.

6.Gunakan Pelindung Mata

Jika sedang beraktifitas di rumah, tidak ada salahnya untuk menggunakan alat pelindung pada mata, seperti saat berolah raga. Hal ini diperlukan akan mata tidak mengalami cedera yang akan berpengaruh pada kesehatan mata.

7.Periksa mata

Melakukan pemeriksaan mata dengan rutin sangatlah diperlukan. Jangan menunggu hingga mata terasa sakait atau pun mulai terasa adanya gangguan. Karena menjaga kesehatan mata jauh lebih baik daripada mengobati.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY