1

Kuku dimiliki oleh manusia dan juga hewan. Kuku merupakan bagian dari tulang yang berfungsi untuk melindungi urat saraf yang berada di ujung jari yang lembut. Pada bagian bawah kuku terdapat banyak pembuluh darah yang dapat memiliki suplai aliran darahj yang kuat sehingga berwarna kemerah-merahan. Seperti gigi, kuku merupakan bagian terkeras yang berada di tubuh.

Kuku jari tangan diperkirakan tumbuh sekitar 0,1 sampai 1,5 mm dalam satu minggu. Kuku yang baik adalah kuku yang sehat. Perawatan kuku sangat diperlukan, tidak hanya harus cara-cara yang mahal, tapi merawat kuku juga dapat dilakukan dengan cara sederhana dan alami yang juga hemat dari segi biaya. Beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk merawat kuku :

1.Buah Blimbing Wuluh

Buah ini dapat membantu memperkuat kuku sekaligus membersihan kuku bagian luar. Gosokkan pada kuku yang ingin dibersihkan lalu bilas hingga bersih.

2.Perbanyak Asupan Air Putih

Air putih mampu memberikan efek yang baik pada tubuh manusia. Begitu pula pada pertumbuhan kuku. Air mampu memberikan kelembaban pada kuku sehingga mencegah kuku menjadi kering dan kusam.

3.Konsumsi Susu dan Makanan Berkalsium

Kalsium mampu memperkuat kuku begitu pula dengan protein. Kalsium yang dibutuhkan bisa didapatkan dari susu, keju, mangga, alpukat, stawberry, kangkung, bayam, anggur dan yang lainnya.

4.Lidah Buaya

Selain untuk merawat rambut, lidah buaya juga dapat digunakan untuk merawat kuku. Cukup oleskan lidah buaya pada kuku secara rutin, maka kjuku akan tampil sehat dan bening.

5.Lemon

Lemon atau jeruk nipis juga dapat merawat kuku. Campurkan air perasan jeruk nipis atau lemon denga pasta gigi yang dapat memutihkan gigi, lalu oleskan pada kuku secara merata.

6.Getah Pepaya

Getah pepaya sangat bagus jika digunakan untuk membersihkan kuku bagian luar, hal ini dapat mencegah kuku pecah dan mengelupas.

Perhatikan perkembangan pertumbuhan kuku, jika kuku terlihat tidak sehat, kering dan juga kusam sebaiknya kuku dipotong secara rutin.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY