Makanan Penurun Kolesterol

Makanan Penurun Kolesterol

219
0
SHARE

1

Kolesterol yang berada di dalam tubuh memiliki dua buah jenis, yaitu kolesterol baik dan juga kolesterol jahat. Kolesterol baik keberadaannya sangat dibutuhkan untuk tubuh, selain dapat membantu penyerapan asam lemak essensial pada tubuh, kolesterol baik juga dapat memproduksi hormon seksual pada manusia.

Sedangkan kolesterol jahat keberadaanya tentu sangat mengganggu. Kolesterol jahat dapat membuat terjadinya penimbunan lemak pada pembuluh darah, memgganggu kinerja jantung, dan juga gannguan lainnya. Untuk itu memerhatikan perkembangan kolesterol pada tubuh menjadi sangat penting. Kolesterol jahat dapat ditekan perkembangannya dengan mengkonsumsi berbagai makanan seperti di bawah ini.

1.Ikan dan Omega 3

Mengkonsumsi omega 3 dapat membantu menurunkan resiko penyakit jantung, menurunkan tekanan darah dan juga menjaga kestabilitasan kekentalan pada darah. Untuk beberapa kasus, mengkonsumsi omega 3 sangat diwajibkan untuk beberapa penderita penyakit. Norwegian University of Science and Technology menemukan bahwa penderita diabetes yang mengkonsumsi omega 3 pada ikan selama 9 minggu berturut-turut dapat membantu menurunkan kadar dan juga ukuran jenis kolesterol jahat pada tubuhnya.

2.Kayu Manis

Mengkonsumsi kayu manis ½ sendok teh setiap harinya dapat juga membantu menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh. Kayu manis dapat diolah menjadi berbagai jenis minuman yang memudahkan para penderita diabetes melakukan terapi.

3.Kacang-kacangan

Kacang-kacangan selain memiliki lemak nabati juga memiliki kandungan omega 3 yang tinggi. Mengkonsumsi kacang-kacangan dapat membantu mengurangi kadar resiko penyakit jantung. Kacang-kacangan seperti kenari, almond dapat membantu mengurangi pertumbuhan kolesterol jahat seperti yang dikutip oleh Penn State Study.

4.Buah dan Sayuran

Buah-buahan yang dapat membantu meredakan kolesterol jahat adalah Anggur, Apricot, Apel seddangkan untuk sayuran seperti Ubi jalar, bawang putih dan juga kol.

5.Jus Lemon

American Dietetic Association mengatakan bahwa kandungan yang terdapat dalam lemon mampu menekan pertumbuhan kolesterol jahat dalam tubuh. Selain itu, lemon juga memiliki kadar vitamin C dan juga anti oksidan. Para penderita kolesterol tinggi dapat mencoba menggunakan terpai jus lemon selama 30 hari penuh.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY