1

Indonesia adalah surga bagi hewan-hewan, kekayaan alam baik darat atau pun lautan terbentang sangat luas. Keberadaan hewan langka sudah sangat memprihatinkan. Banyak yang diburu atau pun menjadi korban kebakaran hutan.
Beberapa hewan langka yang berada di Indonesia adalah:

1.Badak Jawa

Hewan yang memiliki nama latin Rhinoceros Sondaicus atau biasa disebut badak bercula satu ini hanya bisa ditemui di daerah Taman Nasional Ujung Kulon Banten. Pada tahun 2011 populasi Badak Jawa ini hanya mencapai 45 ekor.

2.Pesut Mahakam

Orcaella Brevirostri atau iasa disebut Irrawadi Dolphinmerupakan salah satu hewan mamalia air tawar yang unik dan langka. Hidup di Sungai Mahakam.

3.Macan Tutul Jawa

Panthera Pardu Melas atauJavan Leopard disebut juga macan kumbang. Hewan ini termasuk jenis yang langk karena memiliki populasi sekitar 250 ekor pada tahun2008.

4.Badak Sumatera

Dengan nama latin Dicerorhinum Sumatrensis merupakan salah satu hewan langka. Hewan yang biasa disebut juga dengan nama Badak Bercula Dua ini hanya memiliki populasi sekitar 275 ekor.

5.Kura-kura Hutan Sulawesi

Dengan nama latin Leucocephalon Yuwonoi atau terkenal dengan nama Forest Turtle in pada tahun 2011 terdaftar sebagai The World’s 25 month Endangered Tortoises and Freshwater Turtles.

6.Elang Flores

Hewan ini memiliki Nisaetus floris atau Flores Hawk Eagle, burung elang yang terdapat di di daerah Flores ini memiliki populasi kisaran 150-300 ekor.

7.Rusa Bawean

Rusa ini berada di daerah Bawean, Jawa Timur. Hewan ini hanya memilliki populasi sekitar 250 hingga 300 ekor.

8.Tokhtor Sumatera

Burung langka ini merupakan endemik Sumatera yang memiliki populasi sekitar 300 ekor.

9.Katak Merah

Hewan ini populer dengan nama Bleding Toad. Hewanini hanya hidup di daerah Gunung Halimun-Salak dan juga Pangrango.

10.Jalak Bali

Populasi burung ini sekitar 1000 hingga 2000 ekor.

11.Gajah Sumatera

Gajah ini termasuk hewan yang sering diburu untuk diambil gadingnya. Populasi gajah ini diperkirakan kurang dari 2000 ekor.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY