Kuliner Bungkus Daun

Kuliner Bungkus Daun

229
0
SHARE

1

Indonesia sudah terkenal memiliki banyak ragam kuliner. Salah satu ciri khas dari kuliner tradisonalnya adalah makanan yang menggunakan daun sebgai pembungkusnya.

Daun yang digunakan sebagai pembungkus tentu saja dapat meberikan cita rasa dan aroma tersendiri bagi makanan tersebut. Beberapa daun yang biasa digunakan sebagai pembungkus makanan adalah:

1.Daun Pisang.

Daun yang satu ini tentu sudah tak asing lagi. Daun pisang sangat banyak yang menggunakannya sebagai pembungkus makanan. Harga dan juga persediaannya cukup banyak. Untuk menggunakan daun pisang cukup mudah, tinggal mengelap salah satu bagian sisi daun yang akan digunakan. Makanan yang menggunakan daun pisang adalah lotong, lemper, nasi kebuli dan masih banyak lagi.

2.Daun Kelapa atau Janur.

Daun kelapa yang digunakan sebagai pembungkus adalah daun kelapa yang masih muda. Daun kelapa dapat disimpan di tempat yang sejuk selama satu hari sebelum digunakan sebagai pembungkus. Makanan yang biasa menggunakan daun kelapa sebagai pembungkus adalah, lepet, Dumbeg dari Jawa Tengah , Legondo dan masih banyak lagi.

3.Daun Jambu Biji

Daun jambu biji juga dapat digunakan sebagai pembungkus makanan. Daun yang dapat dijadikan sebgai obat ini biasa digunakan sebagai pembungkus makanan Nasi Jamblang. Daun jambu biji yang digunakan sebagai pembungkus adalah daun yang sudah tua.

4.Daun Bambu

Daun bambu juga dapat digunakan sebagai pembungkus makanan seperti Bacang, Kue Gambir, tempe bahkan lopis. Sebelum digunakan daun bambu akan dicuci bersih, dan dikukus sebagai langkah terakhir.

5.Daun Klobot

Daun yang berasal dari tanaman Jagung ini juga dapat digunakan sebagai pembungkus. Makanan yang dibungkus dengan daun jagung di antaranya adalah Wajik, Angling, Botok dan yang lainnya.

6.Daun Pandan

Aroma yang sangat harum akan keluar dari makanan yang dibungkus dengan daun pandan ini. Daun pandan biasa digunakan sebagai pembungkus makan lopis dan berbagai macam kue lainnya. Selain sebgai pembungkus dau pandan juga biasa digunakan sebgai pengharum aroma berbagai jenis makanan dan kudapan.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY