1

Indonesia negara dengan segala keindahannya memiliki berbagai macam keanekaragaman hayati, seperti bunga-bunga. Bunga yang tumbuh di Indonesia pun tak terhitung, keindahan dan pesonanya mampu membuat banyak orang terpesona, bahkan para wisatawan domestik atau pun internasional banyak yang mengakuinya. Beberapa bunga-bunga cantik khas Indonesia di antaranya,

1.Anggrek Hitam

Bunga yang memiliki nama latin Coelogy pandurata ini tumbuh di pulau Kalimantan, dan merupakan bunga kebanggaan daerah Kalimantan Timur. Habitat asli tanaman ini telah mengalami penyusutan yang sangat besar karena terjadinya pengurangan jumlah hutan yang berada di Kalimantan. Bunga Anggrek ini memilki lidah yang berwarna hitam bergari hijau dan berbulu. Bunga ini memberikan keharuman yang khas dan semerbak. Bunga ini biasa mekar pada kisaran bulan Maret hingga Juni.

2.Raflesia Arnoldi

Bunga ini sudah memiliki tingkat popularitas yang tinggi. Bunga ini memiliki ukuran yang besar dan memiliki bau busuk yang sangat menyengat, tidak memiliki daun sehingga bunga ini tidak melakukan fotosintesis, nutrisi yang diperlukan didapati dari inang bunga tersebut. Bunga ini dinobatkan sebagai Puspa Nasional Indonesia. Dinamakan Raflesia Arnoldi karena merupakan perpaduan dari nama dua orang yang menemukannya. Bunga yang terdapat di daerah Bengkulu ini merupakan salah satu bunga yang langka, karena bunga ini tidak memiliki batang dan juga akar hanya memiliki 5 buah mahkota bunga. Saat mekar bunga ini biasanya memiliki diameter sekitar 70-11 cm dan berat berkisar 11 kg.

3.Anggrek Macan

Bunga ini merupakan primadona di antara anggrek lainnya, bunga yang memiliki nama latin Grammtophyllum speciosum atau biasa juga disebut dengan G. Papauanun biasa tersebar di daerah Kalimantan, Jawa, Sumatra hingga Papua. Bunga ini memiliki varian dan juga bentuk yang berbeda. Karena bentuk yang dimilikinya, bunga anggrek ini biasa disebut bunga anggrek macan oleh para penduduk sekitar. Karena proses perkembangbiakannya sulit, maka bunga ini pun termasuk bunga yang dilindungi. Anggrek yang biasanya tumbuh liar ini sudah mulai dibudidayakan oleh penduduk untuk menghindari kepunahan tentunya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY