1

Setiap negara pasti memiliki kesenian dan olah raga khas yang berbeda-beda, di antar kesenian itu terdapat ilmu bela diri yang biasanya menjadi ciri khas tiap negara. Negara Indonesia pun memiliki berbagai kesenian yang dapat menjadi daya tarik sendiri. Beberapa ilmu bela diri asli dan berkembang di Indonesia adalah:

1.Pencak Silat

Berasal dari budaya suku Melayu, pesisir Sumatera hingga Semenanjung Malaka. Penyebarannya ini banyak terpengaruh oleh peran kaum ulama pembawa agama Islam. Pada awal perkembangannya pencak silat kerap diajarkan di surau-surau setelah mempelajari ilmu agama. Bela diri yang sudah mulai menyebar ke seluruh duni ini memiliki banyak peminat. Pencak silat telah memiliki induk organisasi yang mencakup mancanegara yaitu PERSILAT ( Persekutuan Pencak Silat Antar Bangsa), sudah ada 33 negara yang tercatat bergabung dalam organisasi ini. Pencak silat sudah dapat disejajarkan dengan Karate dan Taekwondo.

2.Merpati Putih

Nama ini merupakan singkatan dari bahasa Jawa yaitu, Mersudi Patitising Tindak Pusakane Titising Hening yang artinya adalah mencari hingga mendapatkan kebenaran dan ketenangan. Ilmu bela diri ini juga memiliki sebuah motto yang harus dilaksanakan yaitu Sumbangsihku Tak Berharga, Namun Keikhlasanku adalah Nyata.

3.Silek Minangkabau

Adalh silat yang berasal dari Minangkabau. Seni bela diri ini kerap dimiliki karena karakter orang-orang Minangkabau yang kerap merantau, mereka tidak akan diizinkan merantau jika belum menguasai bela diri ini. Tujuannya tentu saja untuk menjaga diri sendiri di tanah rantau.

4.Cimande

Cimande konon katanya diciptakan oleh seorang Kyai bernama Kahir yaitu salah seorang pendekar yang sangat disegani pada abad XVIII. Kyai Kahir adalah orang yang pertama kali mengajarkan jurus-jurus Cimande pada masyarakat sekitarnya.

5.Bakti Negara

Merupakan salah satu aliran perguruan pencak silat dari daerah Bali. Pencak silat ini berpedoman pada ajaran agama Hindu. Bakti negar dibentuk pada tahun 1955 tepatnya di daerah Banjar Kaliungu Kaja oleh empat orang pendekar yang ikut merebut kemerdekaan Indonesia dari tangan para penjajah.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY