1

Varises adalah penyakit kulit yang biasa menyerang daerah kaki, pangkal paha dan juga betis. Varises juga biasa dikenal dalam bahasa medis yaitu pembuluh darah balik atau vena. Pembuluh vena adalah alat dalam tubuh yang berfungsi mengembalikan darah yang telah diolah oleh metabolisme tubuh dari seluruh jaringan tubuh kembali ke jantung.

Varises dapat mengakibatkan penyumbatan sirkulasi darah pada area tempat yang diserangnya. Biasanya timbul di sekitar tungkai dan juga betis akibat menahan bobot badan yang terlalu lama berdiri dan berjalan, hal ini membuat vena bagian bawah mengalami peningkatan tekanan darah.

Varises dapat mengurangi rasa percaya diri bahkan penderita akan dilarang mengikuti beberapa program KB karena dapat mengakibatkan resiko yang tinggi.

Perhatikan tanda-tanda yang biasa dikeluarkan penyakit ini, misalnya:

Muncul warna kebiruan pada bagain pembuluh darah vena, berbentuk lebar juga kelok.

Varises dapat membuat penderita merasakan sakit, bengkak, nyeri berat, pada pusat titik yang terserang. Bahkan ada yang dapat mengakibatkan luka yang bermula dari bengkak yang ditimbulkan.

Varises juga dapat membuat penderita terlihat lebih tua dari usia asli, untuk itu varises tidak dapat dianggap sebagai gangguan ringan.

Beberapa faktor yang dapat menjadi munculnya varises hingga dapat menghambat pengembalian darah menuju jantung:

• Kehamilan

Fase kehamilan, akan membuat peningkatan volume pada darah, yang juga membuat aliran darah dari kaki berkurang saat menuju pinggul. Sirkulasi ini memang baik bagi perkembangan janin, tetapi juga memberikan efek samping membesarnya pembuluh darah pada kaki hal ini biasanya akan normal kembali kurang lebih selama 3 bulan.

• Usia

Saat memasuki usia tidak produktif, pembuluh darah akan meningkat keelastisitasannya dan mudah renggang. Katup vena akan melemah, hingga darah sulit kembali ke jantung dan kembali menyebar ke seluruh jaringan tubuh, hingga pembuluh darah mengalami pembengkakan dan menimbulkan varises. Menopause, pil KB, suntik dan implan yang mengandung estrogen dan juga progesteron juga dapat mengakibatkan menimbulkan tumbuhnya varises.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY