Minuman Tradisional Indonesia Favorit

Minuman Tradisional Indonesia Favorit

228
0
SHARE

1

Berbagi provinsi yang berada di Indonesia tentu mempunyai berbagai macam ciri khas di banyak bidang. Baik di kesenian, pakaian, makanan atau pun minuman. Seperti makanan dan minuman setiap dari pasti memberikan ciri khas dengan cita rasa tersendiri.

Hal ini biasanya didasari oleh beberapa hal yang sering dikonsumsi oleh daerah tersebut. Untuk kali ini kita akan membahas berbagai macam minuman khas dari beberapa daerah, seperti:

1.Es Selendang Mayang

Minuman ini berasal dari Betawi, Jakarta. Es ini dihidangkan di sebuah mangkuk berukuran kecil. Es Selendang Mayang ini terdiri dari sebuah adonan semacam agar-agar yang biasa disebut ongol-ongol yang memiliki beberapa warna yang cerah, seperti putih, hijau dan pink, kuahnya terdiri dari santan dan juga gula merah yang telah dicairkan. Es ini semakin sulit dijumpai karena tersaingi oleh minuman lainnya.

2.Bajigur

Minuman ini biasa disajikan dalam keadaan panas, berasal dari daerah Jawa Barat. Minuman ini memiliki bahan utama yaitu santan dan juga gula aren yang ditambah dengan daun pandan yang dapat memberikan aroma khas dari minuman ini. Bajigur sangat tepat jika disajikan dengan singkong rebus.

3.Sekoteng

Minuman ini pun biasanya disajikan dalam keadaan panas, dan biasa dihidangkan pada malam hari. Minuman yang berasal dari Jawa Tengah ini terdiri dari beberapa macam bahan seperti kacang tanah, kacang hijau, potongan roti, pacar cina, ciri khas dari minuman ini adalah aroma dan juga rasa jahe yang dapat membuat tubuh menjadi hangat.

4.Es Palu Butung

Es ini berasal dari Makasar, Sulaweasi Selatan. Sajian ini hampir sama dengan Es Pisang Ijo yang biasa menjadi sajian saat berbuka puasa, perbedaannya terletak pada kulitnya, jika Es Pisang Ijo dilapisi kulit berwarna hijau yang terbuat dari bahan tepung. Pisang raja merupakan bahan utama sajian ini, disajikan bersama fla yang dibuat dari tepung beras yang telah diolah seperti bubur sumsum setelah itu ditambah dengan santan dan juga sirup atau susu. Es Palu Butung ini juga sangat tepat bila disajikan pada siang hari.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY