Susu sapi sangat memiliki banyak peminat, karena kandungannya memang banyak dibutuhkan oleh tubuh manusia. Beberapa orang memang ada yang tidak menyukai rasa asli susu, hal ini dapat dilihat lalu dimanfaatkan sebagai bentuk peluang usaha. Beberapa bentuk produk yang berhasil dipasarkan dan digemari oleh banyak orang:

1.Susu fermentasi

Adalah produk susu yang telah mengalami fermentasi dengan bakteri asam laktat. Susu fermenatasi dapat membantu melancarkan sistem pencernaan dalam usus, bakteri asam laktat yang biasa disebut dengan peobiotik dapat membantu mengurangi sel pertumbuhan bahan penyebab kanker. Produk susu fermentasi ini tidak bisa dikonsumsi oleh bayi. Produk susu fermentasi ini mudah ditemui seperti Yakult, Yogurt, keju dan juga kefir.

2.Susu Pasteurisasi

Adalah produk susu yang telah melalui proses pemanasan di bawah titik didih yang telah ditentukan hingga kuman atau bakteri patogennya mati namun spora yang terdapat di dalamnya masih hidup. Bakteri patogen dapat menimbulkan penyakit berbahaya bagi manusia. Produk susu ini biasa kita kenal dengan sebutan susu UHT (Ultra High Temperature).
Selain itu juga ada susu sterilisasi atau susu yang telah mengalami proses sterilisasi dengan cara dipanaskan hingga mencapai titik didih yang telah ditentukan, tujuannya adalah sama yaitu membunuh bakteri atau pun kuman begitu pula dengan spora yang terdalam di dalamnya. Biasanya kita kenal dengan produk Nestle Bear Brand.

3.Mentega

mentega adalah produk susu yang telah diproses melalui pengocokan sejumlah krim. Kandungan yang terdapat di mentega harus diperhatikan, sepert i kandungan lemak, kadar air, kadar protein. Mutu mentega terletak pada mutu krim yang menjadi campuran saat pemmbuatannya bersama susu.

4.Karamel

Karamel biasana digunakan bersama gua pasir dalam proses pembentukannya, setelah gula dan susu dicampur maka akan dipanaskan hingga mengental. Untuk karamel yang bagus akan memberikan terkstur yang kenyal dan lembut, berwarna coklat dan memiliki aroma khas yang menggugah selera.

5.Es Krim

Es krim adalah produk susu yang telah dicampurkan dengan beberapa bahan kemudian dibekukan. Es krim memiliki banyak kreasi dan banyak digemari oleh masyarakat.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY