1

Banyak orang yang memasuki usia tua mengalami gangguan pada mata, katarak salah satunya. Hal ini tentu saja tidak dapat dibiarkan begitu saja, karena semua orang pasti ingin berada dalam kondisi sehat hingga masa senja tiba.
Penyakit katarak adalah timbulnya noda berwarna putih yang semakin lama akan menutupi bagian mata yang berwarna hitam, lama kelamaan noda itu akan semakin membesar dan dapat mengakibatkan kebutaan.

Katarak dapat disembuhkan dengan cara operasi bedah mata, yaitu dengan cara mengambil lensa mata dan menggantinya dengan lensa mata tiruan. Namun tentu saja hal itu bukanlah pilihan yang disukai, karena tetap jauh lebih baik jika kita mencegah katarak datang. Untuk itu ada beberapa hal yang harus diperhatikan, hal ini biasanya menjadi faktor penyebab dari penyakit katarak:

1.Usia

Usia memang sering menjadi faktor utama dalam kesehatan seseorang. Jumlah kandungan protein pada mata mengalami penurunan, sehingga mata mengalami pengeruhan dalam penglihatan.

2.Kecelakaan

Kecelakaan yang disertai dengan benturan dapat mengakibatkan pembengkakan dan penebalan sehingga menimbulkan noda putih pada lensa mata. Dan ini akan berkembang menjadi penyakit katarak.

3.Genetik

Faktor genetik juga sering menjadi penyebab orang mengidap katarak. Jika orang tua menderita katarak ada kemungkinan besar anaknya dapat pula mengidap katarak.

4.Infeksi

Penyakit yang menimbulkan infeksi juga dapat menjadi penyebab terjadinya katarak, seperti penyakit toksoplasma, kusta, cysticercosis. Katarak menyerang karena penyakit tersebut mulai menyebar.

5.Obat

Obat yang dikonsumsi juga dapat menjadi penyebab terjadinya katarak. Seperti obat-obatan yang berjenis kortikosteroid.

Ada beberapa cara yang dapat mencegah mata terhindar dari berbagai gangguan termasuk katarak, seperti:

1.Perbanyak minum jus wortel

Kandungan yang terdapat pada wortel memang sangat berkhasiat bagi mata.

2.Bawang Putih

Selain digunakan sebagai bumbu masak, bawang putih juga berkhasiat untuk menjaga kesehatan tubuh termasuk mata. Hal ini karena bawang putih merupakan anti biotik alami jika dikonsumsi 2 atau 3 siung setiap harinya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY