Tips Mengatasi Perut Kembung

Tips Mengatasi Perut Kembung

239
0
SHARE

1

Perut sangat rentan terhadap gangguan, banyak hal yang menjadi penyebabnya, bisa dari makanan yang masuk ke dalam perut. Perut kembung juga dapat disebabkan oleh masuk angin, alergi, menstruasi, gangguan pencernaan bahkan juga stress.

Perut kembung adalah salah satu gangguan yang dapat membuat aktifitas terganggu dan juga memberikan rasa tidak nyaman. Orang yang mengalami perut kembung akan merasakan kenyang walau perut belum terisi makanan.

Perut kembung dapat juga disebabkan banyaknya tumpukan gas yang berada di dalamnya, membuat penderita sering bersendawa bahkan juga dapat memberikan rasa nyeri hingga melilit. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi perut kembung, seperti hal berikut ini:

1.Herbal

Banyak tumbuhan yang dapat digunakan untuk mengatasi perut kembung. Di antaranya adalah jahe. Khasiat jahe telah dipercaya dapat membantu kesehatan dari dulu. Jadi jika sedang mengalami perut kembung dapat menggunakan jahe yang telah diparut untuk dioleskan pada bagian perut.

2.Pijat

Santaikan diri dengan melakukan pemijatan, hal ini dapat membantu menghilangkan stress dan juga dapat membebaskan tubuh dari rasa lelah. Pijat juga dapat membantu menghilangkan perut kembung karena masuk angin.

3.Mengkonsumsi Kandungan Probiotik

Probiotik adalah microorganisme baik yang dapat membantu memnjaga kesehatan tubuh terutama pada bagian pencernaan atau usus. Berdasarkan penelitian probiotik berupa lactobasillus dan Bifidobacterium lactis terbukti dapat membantu meredakan perut kembung. Saat ini banyak produk susu fermentasi yang banyak mengandung probiotik.

4.Minum Obat

Jika perut kembung tak kunjung reda, sebaiknya melakukan pemeriksaan dokter dan meminum obat yang telah disarankan.
Perut kembung dapat dihindari jika diri kita peduli akan kesehatan, jika ceroboh dalam melakukan aktifitas termasuk menjaga makanan yang masuk dalam perut. Selalin itu perut kembung juga ddapat dicegah bila kita banyak meminum air putih, air berkarbinasi juga dapat membantu menghilangkan perut kembung akibat kelebihan gas dalam tubuh, makan secara teratur dan mengunyah makan dengan benar juga dapat membantu menghindari perut kembung.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY