1

Kopi merupakan salah satu hasil tanam yang melimpah di Indonesia, kopi pun memiliki penggemar yang tak terkira. Setiap daerah memiliki kopi yang berbeda-beda dan memberikan sensasi yang tak akan bisa dilupakan. Beberapa daerah memiliki cara tersendiri dalam menikmati kopi, seperti:

1.Sulawesi Utara

Para pecinta kopi di daerah ini memiliki tempat yang paling asyik untuk menikmati minum kopi. Bisa dilakukan pagi, sore atau pun siang hari. Memiliki jarak 30 kilometer dari Manado, sebuah pemandangan indah dari sebuah danau vulkanik yang bernama danau Linouw. Gelembung-gelembung yang terkadang timbul karena panas bumi di permukaan danau ini. Selain itu danau ini juga memiliki keunikan lain, yaitu memiliki warna yang berganti-ganti, merah, biru dan putih. Untuk menikmati kopi di pinggir danau ini telah banyak dibangun resort, kafe dan juga restoran.

2.Aceh

Aceh memiliki kopi khas yang bernama kopi gayo. Ada lagi yang tak kalah terkenal selain kopi gayo yaitu kopi teubalek. Keunikannya terletak pada cara penyajian kopinya, kopi ini disajikan secara terbalik.

3.Makasar

Daerah ini pun terkenal dengan tradisi minum kopinya. Sering sekali dijumpai kumpulan orang-orang yang sedang minum kopi atau sedang duduk-duduk sambil bercengkrama satu dengan yang lainnya, karena di daerah ini banyak sekali dijumpai warung kopi . warung kopi pun selalu dipenuhi para pelanggan baik itu warga biasa hingga para pejabat. Kopi yang disediakan biasanya merupakan racikan dari kopi robusta dan juga kopi arabika yang kemudian dimasak di dalam teko yang terbuat dari besi kuningan.

4.Bali

Terkenal dengan salah satu merk yang telah terkenal yaitu Kopi Kintamani. Kopi ini memiliki citarasa yang khas yaitu manis dan juga lembut. Kopi ini diproduksi dengan menggunakan sistem subak. Dan merk ini pun telah mendapatkan sertifikasi CIRAD.

5.Jawa

Tepatnya di daerah Jember terdapat sebuah kopi terbaik yang bernama kopi arang. Kopi ini adalah kopi yang diproduksi dengan cara digosongkan lebih dulu. Aromanya yang khas tak akan terlupakan oleh para pecinta kopi.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY