1

Berkeringat adalah reaksi pendinginan pada tubuh. Pada beberapa orang keringat datang sangat berlebihan, hal ini kemungkinan orang itu menderita hiperhidrosis istilah medis untuk keringat berlebihan, dan tentu saja hal ini menimbulkan masalah.

Hiperhidrosis dapat memberikan efek psikologis dan juga sosial. Penderita keringat berlebih biasanya menjadi kurang percaya diri bahkan dapat semakin menutup diri. Selain itu, keringat berlebihan dapat menyebabkan penyakit dan juga iritasi kulit karena karena rentan terhadap infeksi bakteri serta jamur tambahan.Faktor lain yang menyebabkan kelebihan keringat dan harus segera diatasi adalah:

1. Makanan dan Minuman

Makanan pedas kerap menjadi pilihan masyarakat di Indonesia. Hal ini tanpa disadari dapat menimbulkan efek keringat berlebihan karena disebabkan oleh pembakaran dalam tubuh. Minuman panas dan juga minuman yang mengandung kafein serta alkohol juga dapat membuat kita mengalamai keringat berlebih.

2. Obat-obatan

Mengkonsumsi obat-obatan secara rutin dan terua menerus juga dapat menyebabkan keringat berlebih pada tubuh. Beberapa obat yang harus dihindari adalah tiroksin dosis tinggi, beberapa anti-psikosa, obat penghilang rasa nyeri aspirin, asetaminofin juga morfin.

3. Menopause

Wanita yang telah memasuki masa ini akan mengalami fase hot flashes , di mana terjadi peningkatan pada suhu kulit disertai keringat dan juga rasa gerah.

4. Hipoglikemia

Kadar gula darah rendah sering ditemui pada penderita diabetes, mengkonsumsi insulin atau obat anti-diabetes-oral juga dapat memberikan efek keringat berlebih.

5. Demam

Suhu badan yang naik tentu tidak dapat didiamkan. Tindakan medis yang dilakukan dapat segera memberikan penurunan suhu badan. Dalam fase perubahan suhu badan inilah biasanya disertai dengan keringat yang keluar secara berlebihan.

6. Hipertiroidisme

Kelenjar tiroid mengeluarkan hormon tiroksin dalam skala besar. Hal ini dapat menyebabkan penurunan berat badan, denyut jantung tidak teratur, gelisah dan juga keringat yang berlebihan.

7. Serangan jantung

Aliran darah berkurang saat mengalir ke otot jantung yang biasa dialami oleh penderita penyakit jantung juga disertai keringat berlebih.

8. Tuberkolosis

Gejala yang sering dialami adalah keringat berlebih pada malam hari. Selain itu penderita HIV, penggunaan narkoba dan pecandu alkohol juga mengalamu keringat berlebih.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY